Reiki, alternatif terapi energi yang mudah

Orang dengan terapi Reiki

Reiki, alternatif terapi energi yang mudah

Dunia barat sebagai pusat ilmu pengetahuan modern, kini mulai menyadari bahwa kesehatan fisik tidak saja dipengaruhi oleh unsur  fisik, melainkan merupakan gabungan dari keselarasan tubuh fisik, mental, emosional. dan tubuh eterik.  Ini sesungguhnya telah diketahui oleh masyarakat timur sejak ribuan tahun yang lalu dimana diyakini bahwa kesehatan system tubuh eterik merupakan factor dominan yang mempengaruhi kualitas kesehatan tubuh fisik.

Untuk mempertahankan hidup, manusia membutuhkan “energi hidup” yang berasal dari alam semesta. Dalam berbagai wilayah istilah energy hidup berbeda – beda antara lain :  Qi (Cina), Ki (Jepang), Prana (India), Huna (Hawai). Gangguan terhadap “energi hidup” ini akan menyebabkan turunnya fungsi kekebalan tubuh manusia sehingga timbul penyakit pada tubuh. Sebaliknya dengan tubuh tetap terjaga sirkulasi “energi hidup” dalam tubuh eterik, maka tubuh akan terjaga dan tetap sehat dan akan terjadi regenerasi sel – sel yang akan mengakibatkan berfungsinya kembali organ – organ tubuh yang sebelumnya mengalami gangguan.

Apa Itu Reiki?

Dalam bahasa Jepang “Rei” berarti alam semesta dan “Ki” berarti energi vital. Terapi Reiki merupakan teknik untuk mengakses energi alam semesta untuk digunakan bagi kesehatan fisik, emosi serta mental.

Metode berasal

Metode Reiki berasal dari Tibet dan ditemukan kembali oleh GM Mikao Usui. Pada awalnya beliau mendapatkan metode dengan sangat sulit, tapi kemudian metode  ini dirubah dan disesuaikan dengan masyarakat modern saat ini. Reiki berkembang pesat di dunia Barat dan Jepang karena metodenya mudah dan sangat berguna.

Beda Reiki dengan Prana, Qi, tenaga dalam dan pengobatan energi lainnya

Secara teknis sama karena merupakan teknik dengan mengakses energi alam. Perbedaannya adalah jenis energi, metode mengakses, gerbang masuknya energi, dan cara menggunakan energinya.

Jenis energi

Energy Reiki merupakan jenis energi yang sudah diketahui bersih dan sangat bagus (mempunyai getaran tinggi).

Gerbang masuknya energi

Energi reiki masuk melalui cakra mahkota. Cakra ini terletak di atas kepala dan merupakan cakra tertinggi manusia dan sering disebut cakra spiritual. Semua energi yang masuk melalui cakra mahkota diyakini mempunyai sifat positif, getaran tinggi dan mempunyai kekuatan penyembuhan fisik, emosi, mental dan spiritual. Penyembuhan energi lainnya seperti prana dll energy tidak masuk melalui cakra mahkota tetapi melalui cakra lainnya seperti cakra dasar, pusar (tenaga dalam), tangan dan jantung.

Metode mengakses

Dalam terapi Reiki, praktisi dapat mengakses dengan mudah (tanpa latihan tertentu). Tidak seperti yoga, meditasi dll yang membutuhkan latihan. Hanya dengan penyelarasan yaitu suatu proses menyelaraskan energi tubuh calon praktisi dengan energi Reiki serta membersihkan dan mengaktifkan semua cakra tubuh kita khususnya cakra mahkota. Proses ini memerlukan waktu kira – kira 20 menit dan hanya dapat dilakukan oleh seorang Master Reiki.

Menggunakan energi

Cara menggunakan sangat mudah dan tidak perlu melakukan gerakan apapun yaitu hanya dengan niat untuk menyalurkan energi Reiki, kemudian pasrah, tanpa diperlukan konsentrasi apapun. Karena penyaluran tanpa konsentrasi apapun maka kita tidak akan kelelahan sedikitpun.

Apakah perlu latihan tertentu seperti meditasi, senam dan olah tubuh tertentu ?

Secara teknik tidak diperlukan latihan tertentu untuk terapi Reiki, tetapi untuk dapat menaikkan getaran energi Reiki lbih tinggi lagi maka praktisi reiki disarankan mengalirkan dan menerapi diri sendiri maupun orang lain setiap hari meskipun tidak dalam keadaan sakit. Istilah kerennya jam terbang tinggi maka tinggi pula getaran energi Reiki yang dimiliki oleh seorang praktisi.

Reiki untuk kesembuhan penyakit

Terapi Reiki banyak membantu dalam kesembuhan baik fisik maupun mental. Beberapa penyakit fisik ringan : asma, migrain, sakit gigi dll. Penyakit fisik berat : kanker, jantung, paru – paru, batu ginjal dll. Penyakit mental : stress, gugup, trauma dll.

Reiki dikaitkan dengan suatu keyakinan tertentu ?

Secara teknik tidak dapat dikaitkan dengan suatu keyakinan/agama tertentu. Tidak ada mantra sedikitpun dalam Reiki ini. Energi di alam semesta ini adalah milik semua manusia. Digunakan cara bagaimanapun, oleh siapapun, agama manapun tetap sama. Energi dalam kehidupan sehari – hari kita bisa kita lihat secara nyata seperti kincir angin, angin laut, angin darat, mesin dengan tenaga angin dll. Reiki menjadi bertentangan dengan agama jika kita menganggap Reiki segalanya dan melupakan hakekat ketuhanan kita masing – masing.

Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang berbagai macam cara pengobatan yang ada di sekitar kita.

Sumber : Leaflet Wijaya Kusuma Reiki

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

3 Responses to Reiki, alternatif terapi energi yang mudah

  1. Andri Al Zaburae mengatakan:

    bagi yg ingin attunement reiki silahkan kinjungi http://www.andrycahayaalam.wordpress.com

  2. Mikokimo mengatakan:

    thx utk infonya om..

  3. Fahmy mengatakan:

    asl.wr.wb.
    sudah lama saya tidak maen lagi ke laweyan (rumah mas rifa’i) dan bertemu dengan rekan2 praktisi reiki.
    bagaimana kabarnya klinik wijaya kusuma sekarang…?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: