Physical Therapy (Terapi Fisik)

Berbagai model pengobatan banyak ditawarkan kepada masyarakat. Salah satunya pengobatan dengan model terapi fisik. Selanjutnya, apa saja terapi fisik (tradisional) yang ada di masyarakat?? Berikut uraiannya…

Akupuntur Akupuntur dilakukan dengan memasukkan jarum ke kulit pasien. Jarum yang digunakan biasanya adalah jarum sangat halus terbuat dari logam atau baja anti karat. Jarum ini memiliki banyak ukuran dari 15 mm sampai 100 mm. Ketebalannya juga beragam. Akupunturis akan memilih jenis jarum yang digunakan berdasarkan keadaan kesehatan dan kondisi fisik pasien. Setelah memasukkan jarum pada akupoin di permukaan kulit, ia bisa menggerakkan jarum dengan berbagai cara untuk memasukkan berbagai derajat stimulasi pada akupoin. Pasien akan merasa sakit, kebas, atau kembung di titik tempat jarum ditusukkan. Kondisi ini disebut ” mendapat Qi ”. Apabila semua perasaan itu tidak terasa, mungkin akupoinnya salah pilih dan karenanya gagal mengobati bagian yang terkena.

Meridian Akupunktur

Terapi Pijat Pijat dorong, tekan, urut atau gosok pada tubuh untuk

merangsang sirkulasi darah, meningkatkan daya tahan kulit, dan mengatur sistem saraf. Sekarang, penggunaan pijat telah berubah, yakni untuk meningkatkan kesehatan dan memperkuat fisik, dan tidak lagi terbatas pada perawatan penyakit. Pijat teratur akan menghilangkan kelelahan dan menyegarkan tubuh. Terapi pijat meliputi spektrum luas sistem, seperti sistem saraf, sistem otot, sistem pernapasan, sistem pencernaan, dan lain-lain. Terapi terbukti efektif untuk mengatasi penyakit karena sistem ini.

Terapi Pijat

Terapi Batang Moksa Pemanasan meliputi penggunaan kayu moksa yang dibakar, batang moksa atau kerucut moksa untuk membakar akupoin, serta untuk mengatur Qi dan darah melalui panasnya. Moksa mempunyai rasa yang pedas dan hangat sifatnya. Oleh karenanya moksa menghangatkan kolateral dan meridian, membantu mengusir dingin dan kelembaban. Setelah sesi pemanasan, kulit biasanya menjadi merah. Pemanasan digunakan untuk mengobati Yin, bagian dalam, kekurangan dan sindrom dingin, seperti dingin bakteri patogen kronis dan faktor angin.

Moksa pada kulit

Terapi Refleksi Kaki Refleksi kaki telah menjadi sangat populer pada tahun-tahun terakhir. Tabib – tabib China percaya bahwa ada enam saluran utama dan 66 akupoin pada kaki seseorang yang berhubungan dengan banyak organ dalam tubuh. Melalui stimulasi akupoin ini, kita bisa memelihara kesehatan dan mengobati penyakit. Refleksi kaki membantu meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan metabolisme, meningkatkan keseimbangan hormon, membuang toksin berbahaya dari tubuh, menghilangkan kelelahan, memelihara dan memperbaiki wajah seseorang, dan lain lain

Kaki berkaitan dengan organ manusia

Terapi Cupping Api kecil ditempatkan dalam cangkir untuk memanaskan dan membuang udara dalam cangkir.menggunakan prinsip hampa udara, cangkir itu kemudian ditangkupkan ke permukaan kulit untuk menciptakan kepadatan lokal untuk mengobati penyakit. Metode ini digunakan untuk pengobatan rematik, pengeluaran racun dan panas berlebihan, melancarkan sirkulasi Qi dan darah, mengurangi bengkak, dan meredakan nyeri.

Terapi Cupping

Fisioterapi Fisioterapi adalah pengobatan dari sel-sel tubuh dengan tenaga mekanik maupun tenaga manusia (pemijatan), penyinaran (radiasi), tarikan (fraksi), dan pemanasan (diathermy) yang tujuannya untuk mengembalikan fungsi organ tubuh yang tidak atau kurang berfungsi. Unit ini hanya bersifat pemulihan fisik, bukan pemulihan cacat fisik. (Sumber: Ibu Niniek Soetini, Smph. Pimpinan bagian fisioterapi RS. Budi Mulia, Surabaya)

Latihan fisioterapi

Terapi Herba Terapi herba merupakan terapi dengan menggunakan tanaman obat dan ramuan berdasarkan sistem yang canggih dan efektif. Manfaat herba untuk pengobatan telah dikenal sejak berabad-abad yang lalu. Banyak tanaman memiliki kandungan yang ampuh, yang jika digunakan secara tepat dan benar, bisa membantu penyembuhan. Karena itu, dengan menggunakan herba dalam bentuknya yang lengkap, proses penyembuhan tubuh si pasien sebenarnya memanfaatkan suatu campuran kandungan yang seimbang yang diberikan oleh alam. Bagian tanaman obat yang biasa digunakan ialah akar, kulit pohon, daun, bunga, buah dan biji,batang, dan lain- lain.

Obat herbal

Sumber : http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?page=3&submit.x=21&submit.y=20&submit=next&qual=high&submitval=next&fname=%2Fjiunkpe%2Fs1%2Fars4%2F2007%2Fjiunkpe-ns-s1-2007-22403018-5484-pengobatan-chapter2.pdf

About these ads

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

3 Responses to Physical Therapy (Terapi Fisik)

  1. notebook centre mengatakan:

    sip kang, sehabis sakit, kita perlu pemulihan yang handal agar cepat pulih dan bisa beraktifitas normal kembali, nyus..

  2. Wira Borneo mengatakan:

    Selamat pagi, Pak.
    Terimakasih untuk artikelnya, sangat informatif.

    Bagi saudara-saudara yang ingin memperoleh batang moksa untuk terapi kesehatan di rumah pribadi atau klinik, kami menyediakan batang moksa berkualitas 3 tahun dan kemurnian 95%.
    Bila berminat, silakan hubungi kami di info@wiraborneo.com saja.
    Selain menjual batang moksa, kita juga dapat membagikan sedikit informasi seputar penggunaan batang moksa untuk terapi pribadi.

    Salam sehat!
    Wira Borneo.

  3. irfank yasir mengatakan:

    mau nanya aja,klo terapi bekam& sebat rotan itu terapi yang gimana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: