Pengobatan Ala Sinse murah nan mujarab

Pengobatan Ala Sinse murah nan mujarab

Dikutip dari : Solopos, 13 Februari 2010

Oleh : Fetty Permatasary, Esmasari Widyaningtyas

Ditengah mahalnya pengobatan medis, pengobatan alternative yang relative murah seolah menjadi panacea. Sebagaimana pengakuan Suparno, seorang pasien di Toko Obat Shinse Sari Alam, khasiat pengobatan tradisional Cina (TCM) yang didiagnosis oleh sinshe atau tabib memang sudah banyak membuktikan kemanjurannya. Terlebih untuk menyembuhkan penyakit yang didiagnosis medis terbilang berat.

Konon, teknik ala sinse telah ada sejak 5000 tahun yang lalu yang awal pengobatannya untuk kaisar. “Sekarang pengobatan sinse hamper sudah diajarkan di semua sekolah kedokteran Cina. Makanya untuk dapat menjadi sinse tak ubahnya menjadi dokter. Fondasi sinse juga ilmu medis,” ujar Gunardi, sinse pada Toko Obat Sari Alam, Solo yang mewarisi pengobatan tradisional Cina dari ayahnya, Djin Seng Hoo.

Teknik diagnosis ala sinse diakui Gusnadi sangat beragam. Setiap sinse punya keahlian sendiri – sendiri. Namun secara umum yang kerap digunakan ada empat cara pemeriksaan, yakni pengamatan (wang), penciuman dan pendengaran (wen), tanya jawab dengan pasien (wun), dan perabaan khususnya nadi (cie). “Makanya ada sinse yang baru melihat wajah saja sudah bisa menebak jenis setiap penyakit pasien. Tetapi disini lebih banyak menggunakan teknik Tanya jawab dengan tindakan memberikan obar herbal,” ujar Gunadi.

Relatif murah

Sinse juga tak anti memanfaatkan ketergantungan penduung medis sebagai pendukung diagnosis. Misalnya saja, hasil foto Rontgen maupun rekam medis lain. Ini menunjukkan bahwa pengobatan medis dan tradisional juga terkait. Dengan kelengkapan tersebut ramuan resepnya juga akan lebih detail. Di toko obatnya, ada sekitar 4000 jenis obat herbal baik yang masih berupa bahan – bahan mentah maupun yang sudah diekstrak dan dikemas pabrik. Harga memang relative murah. Mulai dari Rp. 900 per kapsul seperti kapsul cacing untuk tifus sampai dengan lebih dari Rp. 300.000 untuk penyembuhan luka paska operasi.

Teknik pengobatan herbal sinse juga dilakukan Toko Obat Kalilarangan di Jl. Kalilarangan 7, Solo. Bedanya teknik diagnosis dilakuakan lebih banyak. Mulai dari melihat wajah sampai melihat lidah pasien. Selain itu juga menangani terapi pijat (tui na). “Dan yang lebih penting juga pengobatan lewat pengertian,” ujar sinse Tjokro Hartoyo.

Tindakan pengobatan sinse lainnya juga bisa dilakukan dengan teknik akupunktur. Yaitu teknik penusukan jarum pada titik – titik tertentu untuk memperbaiki peredaran darah. Seperti halnya di Toko Obat Ketandan di Jl. RE Martadinata 58, Solo, yang dilakukan sinse Joko Kristianto, Bsc of Med.

Sumber : Solopos, 13 Februari 2010

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

3 Responses to Pengobatan Ala Sinse murah nan mujarab

  1. Nafis Mudrika mengatakan:

    Menambah pengetahuan baru

  2. niko mengatakan:

    Gmn ya pngbtan gula darah yg yg sudah parah dan ada luka?dan ad batnya yg murahga? Mks infonya.

  3. niko mengatakan:

    Gmn ya pngbtan gula darah yg yg sudah parah dan ada luka?dan ad batnya yg murahga? Mks infonya atau bbm saya pin 3006F824.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: