Akupressur, Akupunktur tanpa Tusuk Jarum

Akupressur adalah pemijatan yang dilakukan pada titik tertentu dipermukaan tubuh sesuai dengan titik – titik pada akupunktur. Prinsip akupressur sendiri berasal dari pengobatan kedokteran Cina, dimana dikenal adanya aliran energi (Qi) dan meridian dalam tubuh.

Pemijatan dapat dilakukan dengan menggunakan ujung jari, siku atau menggunakan alat yang tumpul dan tidak melukai permukaan tubuh penderita. Pemijatan ditujukan untuk mengembalikan keseimbangan dalam tubuh dengan memberikan rangsangan agar aliran energi (Qi) dapat mengalir ke sistem meridian dalam tubuh dengan lancar.

Manfaat akupressur antara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kekuatan tubuh, mencegah penyakit berat dan ringan, serta untuk memulihkan kondisi tubuh. Terapi akupressur bisa dilakukan untuk semua orang, mulai dari bayi hingga orang dewasa dan lansia dengan tekanan – tekanan yang disesuaikan dan waktu penekanan yang berbeda – beda.

Akupressur, Akupunktur dan Pijat

Akupressur sama dengan pijat, namun perbedaannya terapi ini untuk mengobati orang sakit bukan untuk menghilangkan rasa capek atau pegal – pegal. Beberapa referensi menyebutkan setidaknya ada 160 macam penyakit baik berat maupun ringan yang dapat disembuhkan dengan terapi akupressur terutama penyakit dalam.

Pada prinsipnya terapi akupressur sama dengan akupunktur, bedanya akupressur tidak menggunakan jarum dalam proses pengobatannya. Terapi akupressur menitikberatkan pada titik – titik saraf di tubuh. Sebagai contoh, titik –  titik akupressur yang ada di telapak tangan dan kaki. Di tempat ini terdapat titik – titik akupressur untuk jantung, paru, ginjal, hati, kelenjar tiroid, pankreas, sinus dan otak.

Sebagai Pendukung Terapi Medis

Menurut Rifai, fisioterapis RS Orthopedi Prof Dr R Soeharso Surakarta, akupressur dapat digunakan sebagai pembantu terapi medis karena sama – sama ada istilah pressurenya. Dalam fisioterapi dikenal istilah pressure yakni masuk ke dalam bagian message, di mana juga dilakukan tekanan, sentuhan, pijatan, maupun gerakan untuk mengobati pasien. Hanya saja massage yang dilakukan fisioterapi untuk mengatasi sakit dengan gangguan saraf dan otot.

Dalam fisioterapi, prinsip terapi yang dilakukan adalah untuk mengatasi keluhan yang meliputi sendi, otot, gerak dan nyeri. Dicontohkannya, orang yang mengeluh sakit di kepala, jika yang menjadi penyebab adalah jepitan saraf di leher, maka bisa ditangani dengan fisioterapi. “Namun jika masalahnya karena ada tumor di otak, itu sudah lain bidang. Sehingga dikatakan akupressur dapat mengatasi sakit kepala dengan berbagai sebab”, ujar Rifai.

“Sekilas akupressur memang memiliki kesamaan dalam metode penyembuhan di fisioterapi karena sama – sama ada unsur pemijatan. Namun, terapi ini tidak dapat dilakukan di Rumah Sakit seperti halnya akupunktur dan fisioterapi”, terang Rifai.
Sumber : Harian JogloSemar, Jumat, 7 Mei 2010

About these ads

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

21 Responses to Akupressur, Akupunktur tanpa Tusuk Jarum

  1. cobaberbagi mengatakan:

    nice info
    salam kenal dari Pontianak

  2. setyantocahyo mengatakan:

    kalau tukang pijit tradisional yang yg tidak didasari ilmu akupressur, karena dia hanya belajar secara turun temurun dari nenek moyangnya…
    itu membahayakan tidak ya..?

    salam.

    • Wahyu Budi Utomo mengatakan:

      Mmm…saya kurang tahu masalah itu…Tinggal nenek moyangnya dulu pernah mengajari ilmu itu secara manfaat dan efek samping dalam terapi ataukah cuma manfaat saja…Misalkan ingin mendirikan tempat terapi sendiri harusnya ada dinas terkait yang “mengetes” lagi apakah tukang pijit itu layak untuk membuka tempat pengobatan. Saran saya jika mau aman kunjungi saja tempat terapi pijat yang telah mempunyai legalitas resmi dari pemerintah…

  3. maswanto aceh mengatakan:

    akupressur = tukang pijit…
    nama yg unik …heheheh
    salam kenal dari

    http://maswantoaceh.wordpress.com

    • Wahyu Budi Utomo mengatakan:

      Akupressur berasal dari bahasa Yunani dan dari kata “acus” = jarum dan “pressure” = tekanan. Tapi bukan berarti pengobatan dengan jarum yang ditekan-tekan. Melainkan kata “jarum” disini diganti dengan “jari” yang notabene identik dengan penekanan.

      akupressur = tukang pijit??? Y identik sama karena sama2 menggunakan jari tangan untuk menekan-nekan acupoint (titik akupunktur) yang ada di tubuh.

      Salam kenal juga…Thx kunjungannya…

  4. yangputri mengatakan:

    Saya biasa diurut sekalian luluran

  5. gadget info mengatakan:

    enak banget kalo ada yang mo pijitin saya..pegel2 nih he..he

  6. Abdi Jaya mengatakan:

    saya belum pernah coba yang kayak gitu, sakit nggak ya…

    • Wahyu Budi Utomo mengatakan:

      Menurut pengalaman saya, akupressur maupun refleksi memang mendatangkan sensasi rasa sakit sendiri. Biasanya jika orang tidak betah dengan rasa sakit itu akan menjerit sampai menangis. Tapi habis itu rasanya enak sekali…Semua jadi plong… :)

  7. Nice posting Bos!
    Akupresur dan Pijat Refleksi biasanya menimbulkan sensasi sakit pada titik lokal yg dipijit. Itu mengindikasikan adanya masalah pada organ yg bersangkutan..atau ada penyumbatan pembuluh darah. Tapi jika tidak ada masalah, jika semuanya oke..maka enak2 aja dipijit.

    Ada kalanya setelah dipijit malah pada sakit. Hal itu biasanya rata-rata karena kesalahan dalam proses pemijitan. Karena Akupresur untuk menguatkan (tonifikasi) dan melemahkan (sedasi) ada tekniknya.

    So, jangan asal pijat aja. Salah-salah badan kita malah pada bengkak dan memar.

  8. sugengsegars15 mengatakan:

    menari untuk dipraktekkan. saya sedang belajar untuk penyempurnanan lagi tlang beri alamat antuk belajar.

  9. p. mukti mengatakan:

    pak nitip tanya, kalo akupressur apa cukup 1 kali atao harus rutin, kebetulan anak saya asma umur 5 thn, mau ke TCM tapi ragu khawatir haru rutin mijitnya kan jadi mahal… kebetulan jaraknya jg jauh dari rumah 90 km.

  10. LUPI mengatakan:

    tempat akupuntur bagus di solo di daerah mana y mas ? dan apa akupuntur bagus untuk penyembuhan wasir ?.

  11. isty mengatakan:

    untuk pencegahan apakah bisa ikut terapi akupressure….trims

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: