Lima Unsur (U Sing)

Teori Pergerakan Lima Unsur (U Sing)
Using adalah teori terpenting setelah teori Yin Yang. Ia berkembang dari teori Yin Yang yang menilai sifat – sifat khusus lima unsur benda yang ada di alam semesta. Lima unsur tersebut adalah : Logam, Air, Kayu, Api dan Tanah. Masing – masing akan dijelaskan oleh teori Lima Unsur ini (U Sing) tentang hubungannya masing – masing.

Dalam kedokteran timur khususnya di Cina, segala sesuatu yang ada di alam ini diringkas dan disimpulkan dengan lima unsur tersebut. Lain dengan kedokteran barat yang tak mengenal adanya Yin Yang, Lima Unsur dll.
Berikut skema mengenai Lima Unsur :

Lima Unsur

Gambar 1 . Skema pergerakan Lima Unsur yang ada di alam

Untuk lebih jelasnya, mari kita ikuti uraian berikut,
Hubungan Lima Unsur :
a. Hubungan saling menghidupkan/menguatkan/menghasilkan (yang berbentuk segi lima)
• Kayu menghidupi Api
(Api diperbesar dengan menambah kayu dalam pembakaran)
• Api menghidupi Tanah
(Api menghasilkan abu (tanah) hasil dari kayu menghidupi api)
• Tanah menghasilkan Logam
(Besi didapat dari Bumi / tanah)
• Logam menghidupi Air
(Pada kelembapan udara tinggi, terbentuk butiran-butiran air di permukaan logam)
• Air menghidupi Kayu
(Tumbuh – tumbuhan membutuhkan air untuk hidup)
Dalam hubungan keLima Unsur di atas dapat diartikan melahirkan, membantu pertumbuhan. Kalau dibahasakan manusia hubungan tersebut dapat diartikan hubungan Ibu Anak karena terdapat unsur melahirkan dan membantu pertumbuhan.

b. Hubungan saling menindas/merusak/membatasi (yang berbentuk bintang)
• Kayu merusak Tanah
(Terjadinya banjir dikarenakan pohon-pohon (kayu) byk yg tumbang sehingga tanah jadi rusak terbawa air)
• Tanah membatasi Air
(Pembuatan bendungan memerlukan tanah sebagai pembatas air)

• Air membatasi Api
(Air digunakan untuk menjinakkan api dalam kebakaran)
• Api merusak Logam
(Terjadi pelelehan jika api terus menerus mengenai logam)
• Logam membatasi Kayu
(Gergaji (logam) digunakan untuk memangkas pohon)
Dalam hubungan ke lima unsur di atas diartikan saling mengalahkan/menguasai/menjajah dan membunuh.

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

2 Responses to Lima Unsur (U Sing)

  1. rizal mengatakan:

    sipp gan….dibuat lebih berwarna

  2. Terapi Akupunktur mengatakan:

    Bagus nih Bos! Izin share ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: