Khasiat Akupunktur bukan karena Teknik

AKUPUNKTUR selama ini diyakini dapat menghindarkan kita dari serangan sakit kepala dan migrain. Namun, penelitian terbaru menunjukkan hanya dengan menusukkan jarum secara acak ternyata juga mampu menghasilkan manfaat yang nyaris sama.

Klaus Linde, peneliti kedokteran di Technical University, Muenchen, Jerman, menduga khasiat akupunktur mungkin lebih disebabkan kepercayaan orang akan teknik tusuk jarum itu.

“Banyak manfaat klinis dari akupunktur disebabkan bukan oleh efek tertentu dari tusuk jarum dan efek placebo yang kuat. Artinya pemilihan titik-titik tertentu mungkin tidak sepenting seperti yang biasa diperdebatkan para praktisioner,” ujar Linde.

Linde dan timnya melakukan dua peninjauan berbeda terhadap 33 studi yang melibatkan hampir 7.000 pria dan perempuan untuk mengetahui efektivitas akupunktur.

Mereka menemukan orang-orang yang menjalani akupunktur selama delapan pekan mengalami lebih sedikit sakit kepala dan migrain bila dibandingkan dengan mereka yang meminum obat penghilang rasa sakit. Tetapi, akupunktur palsu atau dengan menusukkan jarum secara acak juga memiliki dampak yang hampir sama dengan akupunktur asli.

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: