Bagaimana Akupunktur Bekerja ??

Terapi Akupunktur

Bagaimana Akupunktur bekerja??

Dalam teori TCM (Tradisional Chinese Medicine), akupunktur bekerja menggunakan system meridian (saluran membujur dan melintang di tubuh seperti jala) yang disitu menempel titik – titik akupunktur dan tak lupa jarum akupunktur sebagai alat rangsangnya. Dikenal juga adanya aliran energy atau bahasa akupunkturnya adalah Qi. Sebagian besar pengobatan tradisional Cina menggunakan energy (Qi) dalam tubuh sebagai alat untuk menormalisasi tubuh. Misalnya Tai Chi yang menggabungkan teknik bela diri dan meditasi pernafasan untuk membentuk energy (Qi) dalam tubuh. Mungkin sebagai orang awam kita tidak begitu paham mengenai energy (Qi) dalam tubuh. Kok bisa energy dalam tubuh dapat menyembuhkan sakit ??

Menurut teori, Akupunktur bekerja menggunakan sistem meridian yang disitu terdapat titik – titik akupunktur. Meridian sendiri berfungsi sebagai saluran penghubung antara tubuh bag. atas dan bag. bawah, penghubung tubuh bag. kanan dan bag. kiri, penghubung organ dalam dengan permukaan tubuh, penghubung organ dalam dan alat gerak, penghubung antara organ dengan jaringan tubuh, penghubung antara organ dalam dengan organ dalam lainnya. Perangsangan di titik akupunktur memberikan efek analgetik melalui zat yang bernama endorphin/endomorphin (morfin dalam tubuh). Sedangkan pengertian akupunktur sendiri yaitu tindakan untuk meningkatkan secara optimal berbagai zat atau bahan yang terdapat dalam tubuh tanpa pemberian obat luar sehingga peningkatan kadar berbagai zat tersebut tidak akan melebihi normal. Akupunktur memberikan efek penampilan dan prestasi olahragawan melalui perbaikan miosirkulasi, relaksasi otot, peningkatan ketajaman penglihatan dan sensasi nyaman.

Efek akupunktur terhadap kesegaran jasmani antara lain :

1. Efek analgesia (penghilang rasa nyeri)

2. Sekresi endorphin (morfin dalam tubuh) akibat rangsangan akupunktur menimbulkan  sensasi segar dan rileks pada olahragawan sehingga dapat menghilangkan ketegangan dan kegugupan menjelang pertandingan.

3. Peningkatan gelombang alfa pada EEG (Electro encephalogram) membuktikan terjadinya relaksasi dan ketenangan pada olahragawan sehingga dapat meingkatkan performance dan prestasi olahraga.

Beberapa penelitian tentang Akupunktur :

Tahun 1964  Prof. Kim Bong Han  peneliti dari Korea Utara,  mempelopori penelitian ilmiah di bidang akupunktur. Dalam usahanya mencari kebenaran rahasia sistem meridian akupunktur, ia telah meneliti dan dapat menunjukkan adanya sistem penghubung yang ia namakan sebagai Kyungrak system (sistem meridian) di titik-titik akupunktur dan meridian.  Prof. Kim Bong Han meneliti bahwa dengan rangsangan akupunktur, maka terjadi peningkatan kemampuan DNA (Deoxyriboneclead Acid)  dalam membangunsel – sel tubuh. Sehingga metabolisme dalam tubuh berjalan normal seperti biasanya.

Menurut penelitian University of Michigan disebutkan bahwa akupunktur mempengaruhi jangka panjang otak dalam hal merespons nyeri.  Studi yang muncul dalam Journal of NeuroImage itu pun menyebutkan bahwa teknik yang digunakan akupuntur selama ini dengan cara meningkatkan kemampuan Mu-Opoid Receptors (MOR) pada bagian otak dan mengurangi sinyal sakit, yang terdapat spesifik pada kelenjar-kelenjar cingulate, insula, caudate, thalamus dan amygdala. Kemampuan Mu-Opoid Receptors (MOR) ini disebut juga kemampuan mengikat reseptor yang berguna untuk menurunkan rasa sakit.

Di Indonesia misteri akupunktur mulai dapat divisualisasikan melalui pendekatan kedokteran nuklir oleh Dr. Koosnadi Saputra, SpK. (Puslitbang Yankes Depkes RI) pada tahun 1990. Penelitian dilakukan dengan menggunakan radio isotop dan alat SPECT (Single Proton Emission Computerized Tomography) yang digunakan untuk melacak jalur meridian akupunktur. Ternyata penyuntikan dosis kecil isotop teknesium perteknetat pada titik He gu (titik akupunktur yang berada di jalur meridian usus besar) menyebabkan migrasi isotop. Migrasi ini tidak melalui jalur sistem pembuluh darah, pembuluh getah bening atau sistem syaraf, tapi merambat sepanjang meridian usus besar. Sedangkan penyuntikan isotop di bukan titik akupunktur tidak menunjukkan adanya migrasi isotop.

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: