Cupping / Bekam, Sederhana dan Meyakinkan

Seseorang dengan pembekaman

Cupping / Bekam, Sederhana dan Meyakinkan

Ada yang pernah dengar? Melihat ? Mencoba? Atau jadi Praktisinya??

Dilihat sepintas, tampaknya pengobatan dengan metode cupping / bekam tidak memberi manfaat apa – apa, bahkan terkesan kuno, irasional dan mengada – ada. Bekam ternyata lebih praktis dan efek samping relative kecil serta murah pula.

Dari beberapa referensi yang ditemukan bahwa cupping atau bekam adalah warisan pengobatan Nabi SAW. Banyak hadits yang menyatakan tentang bekam dan cara – caranya. Yang terpenting adalah bagi kita untuk tahu manfaat cupping atau bekam itu.

Cupping atau bekam sendiri mempunyai pengertian yaitu pembersihan darah yang bertujuan untuk mengeluarkan toksid (racun), angin, darah statis (darah tersumbat) dari permukaan kulit dengan cara penyedotan / menghisap.

Bahan yang digunakan beraneka ragam, mulai dari tanduk, gelas,  kaca (cawan), bamboo, bahkan lintah. Intinya sama yaitu pengeluran darah kotor yang ada dalam tubuh.

Kini, metode cupping atau bekam ini mulai diteliti oleh banyak kalangan. Mereka yang penasaran dengan bekam mengadakan penelitian dan hasilnya :

  1. DR. Michael Reed Gach dari California dengan bukunya Potents Poins, a Guide to Self Care for Comment Ailments (Titik – titik Berkhasiat sebagai Panduan Perawatan Diri dan Pengobatan Penyakit yang Umum).
  2. Kohler D (1990) dengan bukunya The Connective Tissues as The Physical Medium for Condution of Healing Energy in Cupping Therapeutic Method (Jaringan Ikat sebagai Media Fisik untuk Menghantarkan Energi Pengobatan dengan Bekam).
  3. Thomas W. Anderson (1985) menulis tentang 100 Diseases Treated by Cupping Method (100 Penyakit yang Dapat Diobati dengan Bekam).

Bagaimana cara kerja cupping atau bekam??

Secara umum seperti dijelaskan di atas cupping atau bekam bekerja dengan menyedot darah untuk mengeluarkan toksid atau racun dalam tubuh. Cupping bekerja dengan menggunakan area bekam dalam tubuh. Lain dengan akupunktur yang menggunakan titik dan meridian sebagai tempat terapinya. Tetapi pada pembekaman boleh menggunakan titik – titik akupunktur dan meridian sebagai kombinasi pengobatan atau terapi. Berikut adalah uraian mengenai bekam menurut penelitian yang telah dilakukan:

  • Apabila dilakukan cupping atau pembekaman pada satu poin, maka terjadi kerusakan di kulit, jaringan bawah kulit (subcutan), fascia dan otot. Akibat kerusakan ini, dilepaskanlah beberapa zat seperti serotonin, histamine, bradikinin, slow reacting subcutanes (SRS) serta zat – zat lainnya.  Zat – zat tersebut menyebabkan dilatasi (pelebaran) pembuluh darah pada daerah yang dibekam maupun  jauh dari pembekaman. Ini menyebabkan terjadi perbaikan mikrosirkulasi pembuluh darah. Akibatnya timbul efek relaksasi (pelemasan) otot – otot yang kaku serta menurunkan tekanan darah menuju stabil.
  • Histamine berperan dalam proses reparasi (perbaikan) sel dan jaringan yang rusak, serta memacu pembentukan reticulo endothelial cell, yang akan meninggikan daya tahan tubuh dan kekebalan tubuh.
  • Penelitian lain menyebutkan bahwa pembekaman akan menstimulasi kuat syaraf kulit melalui thalamus untuk menghasilkan endorphin (morfin dalam tubuh). Rangsangan lain akan diteruskan melalui serabut afferent simpatik menuju ke neuron dan menimbulkan efek intubasi nyeri. Efek lain yang mengikuti adalah dilatasi (pelebaran) pembuluh darah kulit dan peningkatan kerja jantung.
  • Sistem endokrin juga terpengaruh dengan cupping atau pembekaman. Pada system sentral (otak dan sumsum tulang belakang) melalui hypothalamus dan pituitary menghasilkan ACTH, TSH, FSH-LH, ADM. Sedangkan melalui system perifer akan langsung berefek pada organ untuk menghasilkan hormone – hormone seperti insulin, thyroxin, adrenalin, corticotrophin, esterogen, progresteron, testosterone.

Pengobatan tradisional akan memberikan efek yang menyeluruh dalam tubuh baik yang sehat maupun yang sakit serta tidak menimbulkan ketimpangan terhadap fungsi – fungsi tubuh yang lain. Menuju masyarakat dengan pengobatan yang tradisional dan alami adalah motto hidup yang harus dipegang dan dijalankan.

Sumber : Bekam Sunnah Nabi dan Mukjizat Medis, Keampuhan Terapi Bekam Warisan Rasulullah SAW

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

2 Responses to Cupping / Bekam, Sederhana dan Meyakinkan

  1. JAWAD BAHONAR mengatakan:

    patut dicoba nih! tapi dimana ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: