Tipe Orang Menurut TCM (Cina)

Tipe Orang Menurut TCM

Banyak sekali study mengenai tipe orang ini. Ada tipe orang menurut golongan darah, ada tipe orang menurut aspek psikologisnya, tipe orang menurut agama, tipe orang menurut lima jari kita dll. Nah mungkin banyak yg belum tahu mengenai tipe orang menurut Cina. Bagaimana pandangan Cina mengenai tipe orang ?? Simak yang berikut ini…

1. Tipe Kayu

Orang ini berwajah warna agak gelap, tubuh tinggi dan agak kurus dengan tulang – tulang dan saraf yang kuat. Punggungnya panjang dan lurus, dan mereka adalah pekerja keras dengan kecenderungan merasa cemas

2. Tipe Api

Orang ini berwajah warna agak kemerahan, dengan kepala yang tajam ke atas atau dagu yang tajam, rambut keriting atau bergelombang, tangannya kecil dan jalannya cepat. Orang jenis ini aktif dan enerjik, mereka mengagumi akan keindahan dan tidak terlalu mengutamakan materi. Mereka cenderung berumur pendek dan kekuatan utama mereka adalah darah dan pembuluh darahnya.

3. Tipe Logam

Orang ini berwajah warna agak putih, berbentuk segitiga dengan bahu yang bidang dan tubuh yang berotot. Orang tipe ini berjalan lambat tetapi mantap, mereka sangat teliti, rasional dan mandiri, serta berkemauan kuat. Suaranya kuat karena paru – paru merupakan kekuatan utamanya.

4. Tipe Tanah

Orang tipe ini kulit wajahnya berwarna agak gelap, dengan tubuh yang agak gemuk, kepala dan perut besar, paha yang kuat dan rahang yang lebar. Mereka tenang dan kurang berambisi, serta bersifat murah hati. Sewaktu berjalan mereka kurang mengankat kakinya dan otot merupakan kekuatan mereka yang utama.

5. Tipe Air

Wajahnya umumnya bulat, demikian pula tubuhnya dengan kulit yang putih dan halus. Mereka menyukai pergerakan dan tulang belakang mereka umumnya agak panjang. Mereka bersifat simpatik dan agak malas. Mereka ahli negosiasi dan loyal terhadap teman sejawatnya. Mereka perasa dan kadang – kadang mempunyai kemampuan psikis.

Masuk yang mana Anda?? Orang Cina selalu mengkaitkan manusia dengan lima unsure (kayu, api, tanah, logam dan air) di atas. Dalam dunia pengobatan tradisional Cina tipe orang tersebut digunakan juga untuk mendiagnosa pasien. Dengan berbagai bentuk tubuh tertentu memiliki kerentanan terhadap penyakit tertentu ataupun terhadap daya tahan tertentu. Kelemahan masing – masing tipe di atas bisa kita jadikan upaya pertahanan diri dari penyakit. Misalnya tipe kayu yang identik dengan kecemasan, dianjurkan orang yang bertipe kayu tidak selalu berpikir negatif sehingga menimbulkan kecemasan yang berdampak terhadap sakitnya. Sebaliknya jika mengetahui kekuatan masing – masing tipe yang tersebut di atas bisa kita jadikan suatu kelebihan yang bisa dikeluarkan untuk mencapai cita – cita yang diinginkan.

Sumber : Akpunktur Indonesia

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: