Akupunktur bantu turunkan berat badan

Akupunktur bantu turunkan berat badan

Masalah kegemukan tak hanya dianggap merusak penampilan. Penumpukan lemak yang berlebih dalam tubuh juga bisa memacu banyak penyakit. Stroke, jantung koroner, diabetes, kencing batu empedu, osteoarthritis merupakan dampak dari obesitas.

Dari sisi medis, penumpukan lemak berlebih di tubuh mengakibatkan gangguan proses metabolism. Apabila gumpalan lemak mengalir dalam darah, gumpalan ini bisa menyumbat saluran pembuluh darah utama.

Banyak cara dilakukan manusia untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan cantik. Akupunktur menawarkan konsep keseimbangannya yang dibawa ke penurunan berat badan. Berbagai laporan hasil riset para dokter ahli akupunktur mengemukakan bahwa akupunktur membawa efek positif terhadap penurunan berat badan.

Dalam teori disebutkan bahwa titik yang digunakan untuk penurunan berat badan adalah titik yang berada di telinga. Titik itu disebut titik lapar (T18) atau dalam meridian Usus Kecil disebut dengan titik Tinggung (SI 19). Jarum yang dipakai untuk perangsangan titik tersebut adalah jarum press neddle (berbentuk seperti paku pines). Jarum tersebut direkatkan dengan plester yang perlunya ditinggal untuk 2 – 3 hari agar dapat dilakukan rangsangan terus menerus. Rangsangan pada jarum itu dilakukan ketika kita lapar, atau setengah jam sebelum makan atau tiga kali sehari.

Reaksi dalam penjaruman ini adalah tahan lapar. Dinyatakan oleh B.G Cox Jr bahwa rangsangan jarum pada telinga merangsang ramus auricularis nervous vagus, lalu rangsangan itu melalui n. vagus disalurkan ke cabang – cabang gastrointestinal bagian atas: kontraksi otot ditekan, maka timbul keadaan lambung yang tenang, rasa lapar yang berkurang dan nafsu makan yang berkurang pula.

Hasil yang dilaporkan pada umumnya baik. B.G Cox Jr memberi data dari 802 kasus yang ditangani, 594 kasus member hasil penurunan berat badan. Dalam sebuah kasus yaitu pasien dengan inisial D.L 36 tahun, perempuan, berat badan 96 kg. Tinggi badan 155 cm. Mula – mula dia mencoba penurunan berat badan dengan obat dan diet selama beberapa tahun. Tetapi penurunan berat badan hanya 2 kg saja. Kemudian dia berobat ke akupunktur. Atas saran dari dokter, dia diberi jarum press neddle tersebut dan disuruh menekan – nekannya ketika lapar. Hasilnya, setelah 8 minggu berat badan turun sampai 25 kg. kemudian pada akhir minggu ke-16 berat badannya menjadi 66 kg. Pasien tidak diberi obat tertentu selama terapi. Akan tetapi kita tetap menjaga pola makan kita agar terapi yang kita lakukan menjadi sukses.

Sumber : Teori dan Praktek Ilmu Akupunktur, Gramedia Jakarta 1981

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

6 Responses to Akupunktur bantu turunkan berat badan

  1. refreshservice mengatakan:

    wah, bagus artikelnya..

  2. Wahyu Budi Utomo mengatakan:

    teimakasi..berbagi ilmu. g hny obat yg bisa turunkan berat badan..🙂

  3. evialfadhl mengatakan:

    oks banget! izin copas ya Wahyu..Tq..

  4. Wahyu Budi Utomo mengatakan:

    y..silakan..dibagi2 bwt smua..

  5. me mengatakan:

    keren

  6. toto mengatakan:

    apakah dengan titik si 19 saja sudah bisa atau perlu ditambah titik lain sprt li 4,st 36 dll?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: