Meridian

Sejauh saya menulis blog tentang Akupunktur, malah lupa menulis mengenai teori meridian ini (hehe) maklum terlalu bersemangat. Langsung saja yang belum tahu ikuti cerita tentang siapa itu “Meridian”….

Teori meridian merupakan jalur yang digunakan qi (baca Chi) atau energy untuk bergerak melintasi seluruh tubuh dan berguna untuk mengusir penyakit agar tubuh kita kembali normal (Yin Yang).

Meridian Dalam pengobatan tradisional Tionghoa, meridian atau bahasa Cinanya Jing Luo merupakan jaringan jalan Qi (baca Chi) atau energy yang tersebar di dalam tubuh. Jika darah mempunyai jaringan sirkulasi darah, dan syaraf mempunyai jaringan syaraf, maka energy juga mempunyai jaringannya sendiri yaitu meridian.

Teori meridian atau saluran dan kolateral berkaitan erat dengan teori tentang organ tubuh. Meridian adalah saluran qi (chi) dan darah dalam tubuh manusia, berperan menghubungkan bagian dalam dan luar seluruh tubuh. Dalam kondisi patologis, kalau fungsi system meridian mengalami perubahan, akan menunjukkan symptom dan tanda fisik yang bersangkutan. Dengan meneliti gejala – gejala itu akan dapat mendiagnosa penyakit organ dalam tubuh.

Meridian adalah jalur lalu lintas energy dalam tubuh. Dan sebagaimana lalu lintas, pada meridian ada jalur / jalan, ada hambatan, ada persimpangan, ada titik awal, ada titik akhir dan sebagainya. Jika jalan energy pada meridian lancer, maka akan tercipta keharmonisan dalam tubuh, dan tubuh kita mampu melawan penyakit, sebaliknya jika terjadi hambatan pada meridian maka akan muncul gangguan kesehatan.

Yang membedakan meridian dengan jaringan lain dalam tubuh adalah jaringan dan syaraf dapat terlihat oleh mata, sedangkan jaringan meridian tidak terlihat walaupun nyata. Dalam ilmu kedokteran modern, rahasia teori jalur energy meridian masih belum terungkap karena saat ini belum ada alat yang bisa mendeteksinya, akan tetapi teori ini sudah dibuktikan manfaatnya selama ribuan tahun.

Fenomena teori meridian mungkin sama dengan keberadaan nyawa pada makhluk hidup. Keberadaan nyawa sangat penting bagi kehidupan tapi belum ada yang bisa mengungkap rahasia keberadaannya. Jadi keberadaan meridian belum dapat dibuktikan secara fisik menurut ilmu kedokteran, walaupun riset telah menunjukkan bagaimana transmisi dari informasi qi (chi) dapat berhubungan di bagian – bagian internal manusia.

Fungsi :

Penghubung bag tubuh sebelah atas dan tubuh sebelah bawah

Penghubung bag tubuh sebelah kanan dan tubuh sebelah kiri

Penghubung organ – organ dalam dengan permukaan tubuh

Penghubung organ – organ dalam dengan alat gerak

Penghubung organ – organ dalam dengan organ – organ dalam lainnya

Penghubung organ dalam dengan jaringan penunjang tubuh

Penghubung jaringan penunjang tubuh dengan jaringan penunjang tubuh lainnya

Hubungan ini terbentuk menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan yang beraksi bersamaan terhadap rangsangan yang berperan dalam pertahanan tubuh. Akan tetapi, jika ada penyakit masuk ke dalam meridian, maka meridian bisa menjadi jalur penyakit untuk menyebar ke dalam tubuh. Karena itu kita harus merangsang titik – titik akupunktur pada meridian untuk mengusir penyakit.

Letak Meridian terletak di dalam tubuh, letaknya bervariatif tergantung jalurnya. Jalur meridian ada yang melewati sela – sela tulang, ada yang berada di sela – sela otot, dank arena wujudnya tidak nyata ada juga yang menembus atau menyelimuti organ. Sebagian organ muncul dekat dengan permukaan kulit.

Macam meridian

1. Meridian Paru (11 titik Akupunktur)

2.Meridian Usus Besar (20 titik Akupunktur)

3. Meridian Lambung (45 titik Akupunktur)

4. Meridian Limpa (21 titik Akupunktur)

5. Meridian Jantung (9 titik Akupunktur)

6. Meridian Usus Kecil (19 titik Akupunktur)

7. Meridian Kandung Kemih (67 titik Akupunktur)

8. Meridian Ginjal (27 titik Akupunktur)

9. Meridian  Perikardium (9 titik Akupunktur)

10. Meridian San Ciao (23 titik Akupunktur)

11. Meridian Kandung Empedu (44 titik Akupunktur)

12. Meridian Hati (14 titik Akupunktur)

Meridian lain

1. Meridian Ren (24 titik Akupunktur)

2. Meridian Du (28 titik Akupunktur)

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

11 Responses to Meridian

  1. Carissha mengatakan:

    Kunjung balik nich! Mg kedatangan anda ada manfaatnya.
    Wah stlh membaca uraian tadi, jadi tambah pengetahuan nic!
    Salam kompak n jabat erat slalu.

  2. Wahyu Budi Utomo mengatakan:

    Ok carissha..cari temen yg byk…🙂

  3. musikdanfilm mengatakan:

    yang jelas habis diakupuntur segerr ya mas..

  4. Wahyu Budi Utomo mengatakan:

    musikdanfilm : pasti seger..karena qi dalam tubuh kita terangsang..:)

  5. Dahrun Marada mengatakan:

    Lebih detil dong dengan gambarnya, agar saya bisa mempelajarinya

  6. 30detik mengatakan:

    salam kenal, kedokteran cina memang hebat, teknolgi modern bersanding dengan ilmu kedokteran cina kuno menjadi suatu hal yang spektakuler…sebuah alat diagnosa meridian dalam bentuk digital baru2 ini saya ketahui & sy sendiri mencoba dan telah ada di indonesia.., silahkan mampir ke blog saya. trims

  7. cahyo w. mengatakan:

    salut untuk pengobatan tradisional timur, dan yang lebih spektakuler lagi, jika nanti terkuak rahasia / misteri dari meridian akupuntur (Jing luo) dengan metode yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Tolong dikupas juga dalam blog ini mengenai syndrome dalam TCM ya…thanks.

    • Wahyu Budi Utomo mengatakan:

      Trimakasih atas kunjungannya. Saya juga baru saja mengenal dunia TCM. Pertama kali y bingung sekali. Beda banget dengan dunia kedokteran pada umumnya. Kalau yang saya tahu misteri tentang jalur meridian sudah berhasil dilacak oleh Dr. Koosnadi Saputra, Sp. Rad. Beliau berhasil melacak jalur meridian melalui radioaktif dan sekarang dengan canggihnya iptek bukan dimungkinkan akan jelas terekam sistem meridian secara utuh pada manusia. Untuk sindrom TCM nanti saya usahakan ditulis…

  8. Arif munandar mengatakan:

    boleh minta gambar titik meridian yang lebih komplit?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: