Periksa Payudara Sendiri

Periksa Payudara Sendiri

Sadari (Periksa Payudara Sendiri) cukup mudah dan efektif untuk mendeteksi dini kanker payudara. Dua penyakit paling menakutkan wanita adalah kanker payudara dan kanker serviks (leher rahim). Mengapa dianggap paling menakutkan?? Sadari saja bahwa anugerah wanita itu sendiri terletak dari dua organ tersebut. Pengakuan akan wanita berkurang jika dua fungsi organ tersebut tak bisa lagi menjalankan tugasnya dengan semestinya. Berikut ulasan mengenai pemeriksaan payudara. Ada dua tahap dalam melakukan pemeriksaan payudara sendiri, yaitu:

Posisi Berdiri

  • Berdiri tegak di depan cermin dengan posisi tegak dan lengan bergantungan lemas di sisi tubuh. Kemudian lihat apakah kedua payudara simetris atau tidak. Hal itu dapat diketahui dengan memperhatikan sejajar tidaknya posisi putting.
  • Angkat kedua lengan ke atas kepala, kemudian turunkan perlahan. Lihatlah, apakah kedua payudara ikut naik ke atas bersama tarikan lengan atau salah satu payudara tampak tertinggal.
  • Ambil posisi bertolak pinggang. Tekankan kedua tangan pada pinggul untuk mengencangkan otot dada. Amati adakah perubahan bentuk pada payudara, seperti adanya penonjolan, tarikan ke dalam atau lekukan kulit (seperti lesung pipit).

Posisi Berbaring

  • Berbaringlah, letakkan bantal tipis pada bahu, tepatnya pada sisi payudara yang akan diperiksa, dan letakkan lengan di belakang kepala.
  • Periksa payudara dengan gerakan seperti gelombang atau zig zag naik turun. Mulai dari samping payudara menuju ke tengah dada.
  • Tekanlah secara lembut, usahakan agar seluruh area payudara terperiksa termasuk daerah putting. Setelah pemeriksaan selesai, turunkan lengan hingga sejajar tubuh. Kemudian rasakan ada tidaknya benjolan pada area yang terletak di lipatan ketiak.
  • Jika ada benjolan, maka benjolan itu bisa digerakkan dengan mudah di bawah kulit dan ini merupakan stadium awal kanker payudara. Pada tahap lanjut, benjolan tersebut dapat melekat pada dinding dada atau kulit di sekitarnya, bisa terbentuk benjolan yang membengkak atau borok di kulit payudara. Sebaiknya deteksi ini bisa dilakukan pada saat umur masih 20 tahunan karena payudara wanita sudah mencapai puncak pertumbuhannya.

Sumber : Tabloid Nyata, 1 November 2009

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

6 Responses to Periksa Payudara Sendiri

  1. Carissha mengatakan:

    Waw tips yg sangat berguna bos!

  2. Wahyu Budi Utomo mengatakan:

    Y..bwt kesehatan harus berguna infonya..

  3. Wahyu Budi Utomo mengatakan:

    sun n sea : thx infonya..bikin merinding…

  4. bidansmart mengatakan:

    wow…good news specialy for female…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: