Apakah ASI saya kurang banyak ??

Apakah ASI saya kurang banyak ??

Dikutip dari Harian JogloSemar, Sabtu 27 Februari 2010

Seorang ibu muda, 23 tahun menyusui anak pertamanya, dia bertanya kepada dokter mengenai jumlah ASI yang diproduksi  jumlahnya sedang. Bagaimana sih cara mengetahui kecukupan ASI itu ?

Dalam dialog bersama dokter dijelaskan bahwa banyak ibu – ibu merasa ASI-nya tidak mencukupi dan berkeinginan untuk menambah susu formula. Perasaan ini timbul karena setelah beberapa hari payudara tidak terasa tegang lagi dan bayi sering minta disusui. Padahal ini merupakan hal yang wajar.

Kecukupan ASI dapat dinilai dengan menimbang berat badan bayi secara teratur. Bila kenaikannya masih sesuai dengan pertumbuhan yang normal berarti ia mendapat ASI cukup. Secara lebih cepat juga dapat diketahui kecukupan ASI dengan memperhatikan beberapa kali bayi kencing. Bila bayi hanya mendapat ASI saja, ia dapat mengeluarkan air kencing paling kurang 6 kali sehari. Hal ini berarti ia telah mendapat cukup ASI.

Nah, berikut adalah penyebab sindrom ASI kurang :

  1. Factor menyusui seperti posisi dan melekatkan yang salah, kurang sering, tidak mengosongkan payudara, dan menggunakan botol.
  2. Factor psikologis ibu missal kurang percaya diri.
  3. Factor fisik ibu missal kurang gizi, merokok, menggunakan alat KB hormonal
  4. Factor bayi seperti sakit, kelainan congenital.

Hendaknya para ibu mengerti akan kebutuhan sang buah hatinya agar buah hatinya tumbuh dengan normal dan cerdas. Karena ASI merupakan makanan inti para bayi dan kandungan gizinya tidak bisa diremehkan begitu saja.

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

4 Responses to Apakah ASI saya kurang banyak ??

  1. Iphin Cow mengatakan:

    Aku udah minum susu tapi kok ga bisa lemu ya?🙂

  2. Wahyu Budi Utomo mengatakan:

    waduh pin..bawaan lo km g bisa lemu….yg penting tetep sehat walaupun kuruusss…risiko penyakit lbih kecil lo org kurus tu…

  3. Ian Bood mengatakan:

    owh, kurus tu bawaan taw, b’arti wlopun ak fitnes tiap hari tetep kgag isa gemuk ye??🙂

    • Wahyu Budi Utomo mengatakan:

      kurus termasuk genetik (bawaan), kurus ato gemuk tidak masalah. yg penting sehat. lo mw nambah berat badan makanan yg dikonsumsi adalah makanan yg mengandung nutrisi yg baek spt karbohidrat (nasi, roti, kentang, gandum), protein (telur,ikan, daging hewan ternak). fitness itu membuat otot besar ja…karena otot kliatan besar maka disangka gemuk, padahal tidak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: