Otak adalah Alam Semesta Seberat Satu Kilogram

Otak adalah Alam Semesta Seberat Satu Kilogram (Marian C. Diamond)

Otak manusia diibaratkan alam semesta. Pernyataan ini tidak berlebihan. Hal ini berhubungan dengan potensi atau kapasitas otak itu sendiri. Berikut fakta atau pernyataan dari beberapa ilmuwan :

  • Jika sel otak kita mati sejuta setiap harinya, jumlah sel otak yang berkurang jika kita mencapai umur 1oo tahun hanya berkurang sekitar 3,6%. Sungguh merupakan suatu angka yang kecil.
  • Jika seluruh informasi buku perpustakaan di dunia atau seluruh informasi jaringan telekomunikasi di dunia dimasukkan ke dalam otak, otak manusia tidak akan penuh.
  • Jika setiap detik dimasukkan10  informasi sampai kita meninggal ke dalam otak kita, misalnya umur 100 tahun, otak manusia belum terisi separuhnya.
  • Kapasitas otak manusia adalah angka satu diikuti angka nol yang panjangnya 105 juta kilometer angka standar. Gambarannya adalah jika kita mengetik angka nol dengan menggunakan huruf standar pada laptop, panjangnya hanya 30 – 40 cm. Deretan nol sepanjang 105 juta kilometer adalah sebanding dengan perjalanan bumi ke bulan sebanyak 14 kali pulang pergi.
  • Potensi otak manusia yang digunakan rata – rata hanya sekitar 0,0001 % potensi otak manusia sesungguhnya. Para ahli jiwa pada tahun 1950 meneliti bahwa potensi otak manusia yang digunakan rata – rata hanya sekitar 50%, tahun 1970 sebesar 10%, tahun 1980 sekitar 1% dan tahun 1990 yaitu 0,01%, dan berapakah rata – rata potensi otak manusia yang digunakan sekarang? Kurang lebih 0,0001 % . Bagaimana pendapat Anda ???

Penurunan potensi otak manusia di atas bukanlah gambaran penurunan otak manusia yang digunakan, tetapi gambaran semakin akuratnya alat yang digunakan untuk mengukur potensi rata – rata otak manusia.

Begitulah gambaran uniknya otak kita yang diciptakan oleh tuhan sebagai alat yang utama untuk melaksanakan tugas kita sehari – hari. Kita bisa melatihnya dan kita juga bisa menghancurkan potensi otak kita dalam sekejap. Pilih Mana ????

Sumber : Indonesian Memory Handbook, Super Great Memory (Metode Lengkap dan Praktis Untuk Melejitkan Daya Ingat Super Anda)

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

8 Responses to Otak adalah Alam Semesta Seberat Satu Kilogram

  1. cerita motivasi mengatakan:

    oleh karena itu kita harus selalu bersyukur karena telah diberi otak yang memiliki kemampuan LUAR BIASA!!🙂

  2. BULETIN mengatakan:

    Kunjung balik bro! Wah jadi gt to, ternyata begt besar peranannya dalam kehidupan ini, yg sumbernya dr otak!

  3. hyrsto mengatakan:

    TyPAbk csqugthornti, [url=http://snafswdjpqcc.com/]snafswdjpqcc[/url], [link=http://ktgqrdjayvdy.com/]ktgqrdjayvdy[/link], http://voiurrguqwna.com/

  4. Sapril mengatakan:

    Jadi ingat kata rekan-rekan di pers kampus dulu, “Kalo otaknya mau awet, jangan banyak dipake mikir. Kalo perlu, dimasukin ke air raksa aja.” Sindiran telak buat saya yang males mikir. Artikel yang bagus, terimakasih🙂 salam kenal kang Wahyu

  5. aanituaku mengatakan:

    jadi lebih tahu tentang otak kita mas…

  6. Heni Nainggolan mengatakan:

    brarti TUHAN udah berikan tidak hanya cukup melainkan berkelimpahan… kitanya aja yg belum gunakan atau manfaatkan smua utk yg baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: