Menghilangkan Jerawat Pada Bayi

Menghilangkan Jerawat Pada Bayi oleh Evialfadhl

Jakarta, Jerawat pada bayi biasanya tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Jerawat ini muncul ketika kulitnya teriritasi air liur, muntahan susu atau kain yang kasar akibat penggunaan deterjen yang kuat.

Bagaimana penanganan yang tepat untuk jerawat pada bayi?

Timbulnya jerawat bisa terjadi sejak bayi baru lahir, tapi lebih sering muncul setelah beberapa minggu kelahiran. Daerah yang menjadi tempat munculnya jerawat bayi adalah di pipi, kening, dagu atau punggung.

Seperti dikutip dari Babycenter, Kamis (18/3/2010) untuk beberapa waktu, para ahli menduga hormon yang diterima bayi dari ibunya di akhir kehamilan menjadi peyebab munculnya jerawat ini. Tapi hal ini belum dapat dipastikan, karena peneliti terus mempelajari faktor-faktor lain yang kemungkinan bisa menjadi penyebabnya.

Biasanya jerawat bayi ini akan hilang dalam waktu beberapa minggu, tapi ada juga yang bertahan hingga berbulan-bulan. Jika dalam waktu tiga bulan jerawat bayi tak kunjung hilang, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak.

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan orangtua terhadap jerawat di kulit bayinya, yaitu:

  1. Jangan menggunakan krim atau minyak pada kulit bayi yang berjerawat, karena hal ini bisa saja membuat jerawatnya bertambah parah.
  2. Jangan terlalu banyak membilas kulit bayi, karena berpotensi mengiritasi.
  3. Cukup membilas kulit bayi secara lembut dengan air dan sabun bayi dua kali sehari, lalu tepuk perlahan-lahan hingga kering.
  4. Jika jerawat tidak mengganggu, maka biarkan saja dan jangan disentuh-sentuh.
  5. Jangan berusaha untuk memencet jerawat pada bayi, karena dapat menyebabkan infeksi yang berasal dari tangan yang tidak steril.
  6. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memberikan pengobatan, karena kulit bayi cenderung lebih sensitif terutama pada bahan-bahan kimia tertentu.

Jerawat pada bayi ini merupakan salah satu masalah kulit pada bayi. Hal terpenting adalah kesabaran dari orangtua untuk membiarkan jerawat tersebut dan menjaga kebersihan serta kelembaban kulit bayi.

http://health.detik.com/read/2010/03/18/112236/1320200/764/menghilangkan-jerawat-pada-bayi

Tentang Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

4 Responses to Menghilangkan Jerawat Pada Bayi

  1. Sapril says:

    Baru tau kalo kulit bayi juga bisa timbul jerawat. Great info, thanks 🙂

  2. Ping-balik: Menghilankan jerawat « ARS Music

  3. Ping-balik: Menghilangkan Jerawat pada Bayi Anda « Maula

Tinggalkan komentar