Hindari Hepatitis

Hindari Hepatitis

Hepatitis A banyak menyerang anak – anak. Untuk memotong rantai penularannya, lakukan cara – cara berikut ini :

  1. Kubur dan bakar  kotoran penderita. Virus hepatitis A ditularkan dari kotoran penderita ke orang lain melalui makanan yang dikonsumsi. Untuk mencegah penularan penyakit pada orang lain, maka harus mengubur atau membakar kotoran penderita dan menjaga kebersihannya. Orang yang merawat penderita harus membasuh tangannya setelah setiap kali berada di dekat penderita.
  2. hati – hati dengan alat suntik. Virus hepatitis B dapat ditularkan melalui alat suntik yang tidak steril, transfusi darah, bahkan dari ibu pada anaknya dan melalui hubungans seks.
  3. Piring dan gelas dipisah. Sedikitnya selama tiga minggu sesudah gejala hepatitis hilang, bekas pasien harus menggunakan piring dan gelas tersendiri. Hal ini untuk mencegah penularan.
  4. Perbaikan higieni (memperbaiki kesehatan) makanan dan minuman. Virus hepatitis bersifat tahan panas. Jadi masaklah air dan makanan sampai mendidih selama 10 menit. Cuci dan kupas makanan, terutama yang tak dimasak, serta minum air dalam kemasan bila kualitas air minum non kemasan tak meyakinkan.
  5. Perbaikan higieni sanitasi lingkungan. Karena transmisi hepatitis A yang utama melalui fekal oral, maka higieni sanitasi lingkungan harus betul – betul diperhatikan. Cuci tangan bersih – bersih setelah buang air besar, sebelum dan sesudah makan atau setelah memegang popok.
  6. Isolasi pasien. Jangan lupa penularan hepatitis A lainnya adalah kontak erat antar individu. Jadi anak yang terkena hepatitis A sebaiknya diisolasi, jangan masuk sekolah dulu atau bermain dulu sampai dua minggu setelah timbul gejala.

Sumber : Harian JogloSemar, Senin 29 Maret 2010

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

2 Responses to Hindari Hepatitis

  1. wahyuno mengatakan:

    info kesehatannya bagus-bagus…lam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: