Akupunktur Mengalahkan Kedokteran Barat dalam Mengobati Sakit Punggung

Akupunktur Mengalahkan Kedokteran Barat dalam Mengobati Sakit Punggung

Hasil uji coba terbesar secara acak pada pasien sakit punggung menunjukkan bahwa akupunktur dengan jelas lebih membantu dalam menangani nyeri punggung kronis daripada perawatan medis standar. Hasil studi SPINE (Stimulating Points to Investigate Needling Efficacy), yang diterbitkan pada 11 Mei 2009 dalam Arsip Internal Kedokteran, beberapa peneliti terkejut atas temuan yang luar biasa itu. Hasil penelitian ini begitu menarik mengapa?? Ternyata tidak hanya satu, tapi tiga bentuk terapi akupunktur yang berbeda dapat mengalahkan obat barat dalam membantu meringankan nyeri punggung.

Uji coba SPINE kepada 638 pasien dewasa dengan nyeri punggung kronis (low back pain) pada Group Health Cooperative in Seattle, Washington, and Northern California Kaiser Permanente in Oakland. Semua subjek penelitian dirangking skala nyerinya minimal tiga skala dari nol sampai 10 atas rasa sakit (nyeri) nya itu.

Tidak ada pasien yang pernah menggunakan akupunktur sebelum berpartisipasi dalam penelitian ini. Mereka secara acak dimasukkan ke dalam salah satu dari empat kelompok untuk berbagai jenis pengobatan. Semua menerima perawatan medis standar tapi tiga kelompok pasien diobati dengan berbagai bentuk akupunktur pada titik-titik individual untuk setiap kasus.  Akupunktur standar menggunakan resep tunggal pada titik-titik di punggung dan kaki bagian belakang. Ini disebut para peneliti sebagai “simulasi akupunktur” yang melibatkan penekanan titik-titik akupunktur dengan tusuk gigi tanpa penetrasi kulit.

Semua subjek penelitian di tiga kelompok akupunktur dirawat dua kali seminggu selama tiga minggu dan kemudian harus melakukan perawatan mingguan untuk bulan berikutnya. Pada delapan minggu, selama enam bulan dan 12 bulan, para peneliti menguji ulang kembali disfungsi terkait dan mengukur perbaikan gejala pasien.

Para peneliti menemukan bahwa nyeri tulang belakang (low back pain) pada delapan minggu ketiga kelompok akupunktur itu berfungsi jauh lebih baik daripada kelompok yang hanya mendapatkan perawatan medis standar.

“Kami menemukan bahwa akupunktur yang disimulasikan (tanpa penetrasi kulit) memproduksi manfaat sebanyak jarum akupunktur—ini yang menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana akupunktur bekerja,” ketua uji coba SPINE, Daniel C. Cherkin, PhD, peneliti senior di Group Health Center for Health Studies in Seattle, saat memberikan  pernyataan kepada media.

Namun, ide akupunktur non penetrasi kulit bukan keputusan yang baik, dan yang sesungguhnya adalah akupunktur dengan perangsangan (menusukkan jarum) ke dalam kulit. Kebanyakan bentuk akupunktur yang dipelajari oleh para peneliti Barat yaitu dengan penusukan kulit. Jenis akupunktur non-menusuk merupakan terapi penyembuhan kuno yang diakui keberadaannya.

Situs web NCCAM (National Center for Complementary and Alternative Medicine), bagian dari Institut Kesehatan Nasional, yang didanai SPINE, mencatat bahwa

“Akupunktur adalah suatu prosedur yang melibatkan rangsangan titik-titik anatomis pada tubuh dengan menggunakan berbagai teknik”.

Asisten penulis Cherkin, Karen J. Sherman, PhD, MPH, peneliti senior di Group Health Center for Health Studies in Seattle, secara khusus menunjuk ini dalam laporan media: “Secara historis, beberapa jenis akupunktur tanpa menusukkan jarum. Seperti pengobatan  lain yang menyangkut efek fisiologis dan membuat perbedaan klinis. ”

Transleted by Dian Syariati, edited by admin

Pick from :

http://www.naturalnews.com/026249_acupuncture_medicine_health.html

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

3 Responses to Akupunktur Mengalahkan Kedokteran Barat dalam Mengobati Sakit Punggung

  1. dr.wiwied mengatakan:

    akupunktur holic juga toh??hehe

  2. dek ciko mengatakan:

    nuwun sewu..nderek langkung pakdhe..
    kalo ndak salah di tubuh manusia itu ada bnk sistem organ kaya’ sestem saraf, sstm prnafasan, pencernaan, musculosceletal dll.. (bnr g ya??sok tau ni.. :))
    trus kalo akupuntur tu yang ditusuk2 atau yg brhubungan sama kerjanya sistem yang mana ya pakdhe?

    matur nuwun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: