Akupunktur untuk Tennis Elbow

Akupunktur untuk Tennis Elbow
Salah satu cedera yang paling sering dialami oleh atlet profesional adalah epicondilitis atau peradangan pada otot dan tendon lengan bawah atau lebih dikenal dengan istilah tennis elbow. Hal ini disebabkan memuntirnya pergelangan tangan secara berulang  sehingga menyebabkan pegangan lemah, nyeri siku, dan kerusakan pada tendon yang menghubungkan humerus (tulang lengan atas).

Berikut merupakan tanda dan gejala tennis elbow :

  • Nyeri pada sisi luar siku dan menjalar ke lengan bawah dan pergelangan tangan
  • Bagian luar siku nyeri jika disentuh atau dipegang. Bila menggenggam, genggaman tidak kuat.
  • Nyeri saat menggenggam seperti saat berjabat tangan atau membuka pintu
  • Nyeri sewaktu meluruskan/membengkokkan pergelangan / siku
  • Nyeri di siku jika mengangkat sesuatu yang berat
  • Nyeri jika pergelangan tangan digerakkan terus menerus
  • Kadangkala nyeri juga timbul walaupun lengan tidak digerakkan

Langkah – langkah tradisional dalam penanganan tennis elbow terdiri dari terapi seperti penguat dengan tongkat, obat alam, kompres panas, dan terapi fisik lainnya. Mayoritas efektif untuk mengurangi nyeri  tetapi kecil kemungkinan dalam mencegah kondisi sakit ini berulang. Penelitian dari sebuah lembaga penerbangan yang disajikan pada pertemuan tahunan American Academy of Physical Medicine and Rehabilitation di San Francisco menunjukkan akupunktur tidak hanya meringankan gejala tennis elbow, lebih lanjut dapat menjadi solusi dalam penyembuhan.

Dalam studi tersebut, Dr.  Peter Dorsher, seorang dokter bersertifikat akupunktur meneliti 22 pasien dengan berbagai macam tennis elbow diberikan terapi akupunktur. Dorsher menggunakan  jarum akupunktur bulat yang dirancang untuk menembus kulit dan otot serta mencegah kerusakan jaringan sesedikit mungkin. Semua pasien diobati dengan French energetic meridian therapy (terapi energi meridian ala Perancis) dengan jarum ditusukkan pada titik-titik lokal (titik nyeri) di siku.

Setiap pasien dirawat antara 2-10 kali. Setelah mencapai rata-rata 3,9 kali perawatan, tanggapan “maksimal” efek penurunan nyeri tennis elbow dicapai. Setiap pasien melaporkan hilangnya gejala pada diri mereka. Tanggapan ini tampak bertahan lebih lama daripada yang biasa terlihat pada pasien dengan menggunakan obat penghilang rasa sakit, kawat gigi atau metode tradisional lainnya. Setelah  8,5 bulan menerima akupunktur, 17 pasien (77,3%) mengemukakan pengalaman solusi tennis elbownya itu dan kembali dapat beraktifitas penuh dan normal; dua pasien telah kembali ke kegiatan normalnya kecuali pasien yang terlibat dalam angkat berat yang terkena dampak di lengannya.

Mungkin aspek yang paling menarik dari studi Dr.  Peter Dorsher ini adalah banyak pasien yang mengalami nyeri  selama berbulan – bulan sebelum akhirnya datang ke akupunktur.  Hampir setiap pasien yang diteliti sebelumnya pernah mencoba untuk menyembuhkan tennis elbownya melalui cara-cara konvensional tetapi tanpa keberhasilan dan kemudian mencoba pengobatan akupunktur.

Dari 22 subyek dalam penelitian, 14 telah menjalani penanganan terapi yang lain; 17 telah menggunakan siku penahan; tujuh menerima kortikosteroid suntikan untuk menghilangkan rasa sakit, dan satu pasien menjalani operasi siku, semua tanpa mencapai efek yang diinginkan, sebelum beralih ke akupunktur.

Dalam wawancara dengan Reuters Health, Dorsher mengatakan “Ini (akupunktur) merupakan alat yang sangat ampuh untuk menurunkan rasa sakit. Jarum akupunktur yang ditusukkan ke dalam kulit berfungsi untuk mengendurkan otot di sekitar sendi siku”. Akupunktur ditemukan sangat membantu, Dorsher mencatat, bahwa ia sekarang melakukan itu (akupunktur) sebagai bentuk utama dari pengobatan.

Sumber : http://crazytennis.wordpress.com/2010/04/07/tenis-elbow/

http://atpracticeinsights.com/mpacms/at/article.php?id=27753 with edited

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

2 Responses to Akupunktur untuk Tennis Elbow

  1. akinabagas mengatakan:

    Saya sdh mengalaminya & sampai sekarang masih berlangsng nyeri, mau nyoba ke akupuntur dech, siapa tahu bia sembuh.
    Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat////salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: