Usus Buntu dan Penanganannya

Usus Buntu

Usus buntu adalah sebuah kantong fingerlike melekat pada usus besar dan terletak di daerah kanan bawah perut. Para ilmuwan masih mencari tahu apakah usus buntu berguna atau tidak.

Radang Usus Buntu
Radang usus buntu adalah pembengkakan yang menyakitkan dan infeksi usus buntu.

Penyebab
Penyumbatan dari lumen appendiceal menyebabkan radang usus buntu. Punggung lendir di appendiceal lumen, menyebabkan bakteri yang biasanya hidup di dalam lampiran berkembang biak. Akibatnya, usus buntu membengkak dan menjadi terinfeksi. Sumber meliputi obstruksi

* Tinja, parasit, atau pertumbuhan yang menyumbat lumen appendiceal

* Pembesaran kelenjar getah jaringan di dinding usus buntu, disebabkan oleh infeksi pada saluran pencernaan atau di tempat lain di dalam tubuh

* Radang usus penyakit, termasuk penyakit Crohn dan kolitis ulseratif

* Trauma pada perut
Siapa yang mendapat radang usus buntu?

Siapapun dapat menderita radang usus buntu, tetapi itu lebih umum di antara orang-orang yang 10 sampai 30 tahun tua. Radang usus buntu lebih mengarah pada bedah abdomen darurat daripada penyebab lainnya.
Gejala

* Hilangnya nafsu makan
* Mual
* Muntah
* Sembelit atau diare
* Ketidakmampuan untuk buang angin
* Rendah demam gejala lain yang mengikuti
* Perut bengkak
* Perasaan bahwa bangku yang lewat akan meringankan ketidaknyamanan

Penanganan Usus Buntu

Bedah, Biasanya, radang usus buntu diperlakukan dengan menghapus lampiran. Jika usus buntu diduga, seorang dokter akan sering menyarankan operasi tanpa melakukan tes diagnostik yang luas. Prompt mengurangi kemungkinan operasi usus buntu akan pecah.

Pembedahan untuk menghapus lampiran ini disebut usus buntu dan dapat dilakukan dengan dua cara. Metode yang lebih tua, yang disebut laparotomi, menghapus lampiran melalui satu sayatan di daerah kanan bawah perut. Metode yang lebih baru, yang disebut laparoskopi pembedahan, menggunakan beberapa sayatan yang lebih kecil dan alat-alat bedah khusus diumpan melalui potongan untuk menghapus lampiran. Laparoscopic operasi menyebabkan lebih sedikit komplikasi, seperti infeksi yang berhubungan dengan rumah sakit, dan memiliki waktu pemulihan yang lebih singkat.

Kadang mengungkapkan operasi usus buntu yang normal. Dalam kasus tersebut, banyak ahli bedah akan menghapus lampiran yang sehat untuk menghilangkan kemungkinan masa depan usus buntu. Kadang-kadang, operasi mengungkapkan masalah yang berbeda, yang mungkin juga dapat dikoreksi selama operasi.

Jika usus buntu memang sudah kronis (lama), maka sebaiknya dilakukan pembedahan. Karena  Bila dibiarkan, tidak menutup kemungkinan terjadi kebocoran pada usus buntu yang meradang sehingga menyebabkan peradangan umum pada rongga perut (dr. Wati).

Herbal, Terapi herbal tradisional Cina dapat membantu mengobati usus buntu. Ada belum cukup penelitian ilmiah di Barat Cina atau herbal untuk mengatakan bahwa Pengobatan Tradisional Cina (TCM) adalah efektif untuk radang usus buntu, tetapi ada beberapa laporan kasus dari perspektif PTC. Dalam sebuah laporan dari 425 pasien dengan appendicitis akut diobati dengan obat herbal cina, baik dengan atau tanpa antibiotik, mayoritas lakukan dengan baik dan tidak membutuhkan pembedahan. Hanya 30 pasien mengalami radang usus buntu akut kambuh tidak lama setelah pemulihan. Namun, karena standar perawatan bervariasi antara praktisi PTC yang berbeda, radang usus buntu harus diobati dengan obat konvensional dan bukan dengan akupunktur dan obat Cina.

Tumbuh-tumbuhan lain yang dapat membantu tubuh Anda pulih lebih cepat jika Anda memiliki usus buntu termasuk:
* Gotu kola (Centella asiatica) mempromosikan perbaikan jaringan ikat, mendukung penyembuhan luka normal, dan mencegah bekas luka dari tumbuh lebih besar. Gunakan standar ekstrak 60 mg satu dengan dua kali sehari, atau 60 tetes tingtur tiga sampai empat kali per hari. Jangan ambil gotu kola jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau kecemasan.
* Dandelion (Taraxacum officinale, 2 – 8 g per hari) memiliki anti-inflamasi dan antioksidan properti. Pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap dandelion, dan menghindari mengambil rempah jika Anda memiliki penyakit hati atau kandung empedu, diabetes, atau penyakit ginjal, atau jika Anda mengambil obat pengencer darah.
* Agrimony (Agrimonia Eupatoria) telah digunakan secara historis untuk usus buntu. Buatlah teh oleh steeping 1 sdt. dari rempah dalam satu cangkir air mendidih, ketegangan, dan sejuk. Minum setiap 2 – 3 jam. Jangan ambil agrimony jika anda menggunakan obat tekanan darah atau obat pengencer darah, atau jika Anda memiliki diabetes.

Akupunktur , Dalam istilah medis Cina, radang usus buntu diduga disebabkan oleh penyumbatan dalam sirkulasi darah dan aliran vitalitas. Akupunktur muncul untuk membantu mengurangi rasa sakit, mengontrol gerak peristaltik (gelombang-seperti gerakan otot di dalam usus), dan meningkatkan aliran darah. Kasus laporan dari Cina menyatakan bahwa akupunktur telah digunakan untuk apendisitis ringan. Electroacupuncture (mengirimkan arus listrik melalui jarum suntik) juga telah digunakan.

Seorang berlisensi dan bersertifikat ahli akupunktur akan bekerja sama dengan dokter anda untuk memantau kondisi Anda dengan cermat. Di beberapa bagian dunia, seorang ahli akupunktur bekerja di rumah sakit untuk memberikan perawatan pada waktu yang sama dengan praktek medis konvensional. Bahkan dengan operasi, akupunktur bisa sangat berguna untuk anestesi, rasa sakit kontrol, dan peningkatan pemulihan.

Test Usus Buntu
* Abdominal ujian untuk mendeteksi peradangan
* Tes urin untuk menyingkirkan infeksi saluran kemih
* Rektum ujian
* Darah tes untuk melihat apakah tubuh Anda memerangi infeksi
* CT scan dan / atau USG

Sumber :

http://www.umm.edu/altmed/articles/appendicitis-000014.htm

www.ClinicalTrials.gov.

http://www.webmd.com/digestive-disorders/digestive-diseases-appendicitis

http://dokterwati.nurul.info/?p=11

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

4 Responses to Usus Buntu dan Penanganannya

  1. epriezz mengatakan:

    wahh apakahhh usus buntu bisa mengakibatkan kanker usus,,,

    • Wahyu Budi Utomo mengatakan:

      Sepengetahuan saya penyebab kanker usus sebagai berikut :

      Kontak dengan zat-zat kimia tertentu seperti logam berat, toksin, dan ototoksin serta gelombang elektromagnetik.

      Pola makan yang buruk, antara lain terlalu banyak daging dan lemak yang tidak diimbangi buah dan sayuran segar yang banyak mengandung serat.

      Zat besi yang berlebihan diantaranya terdapat pada pigmen empedu, daging sapi dan kambing serta tranfusi darah.

      Lemak jenuh dan asam lemak omega-6 (asam linol).

      Minuman beralkohol, khususnya bir. Usus mengubah alkohol menjadi asetilaldehida yang meningkatkan risiko menderita kanker kolon.

      Obesitas.

      Bekerja sambil duduk seharian, seperti para eksekutif, pegawai administrasi, atau pengemudi kendaraan umum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: