Kaki bebas Varises

Kaki bebas Varises

Varises, seringkali terjadi pada orang yang sudah berumur, tetapi banyak juga anak muda yang terkena gangguan tersebut. Menurut National Womens Health Information Center (NWHIC), sekitar 50 persen orang yang berusia 50 tahun ke atas mengalami masalah pada pembuluh darah.

Varises terjadi karena katup yang memompa darah kembali ke jantung melemah. Sehingga, membuat pembuluh darah vena menonjol, dan menimbulkan varises. Kondisi tersebut bisa terjadi bukan hanya karena bertambahnya usia.

Seperti dikutip dari vivanews.com, faktor keturunan, gender (wanita lebih sering terkena varises), kehamilan, serta gaya hidup yang kurang sehat juga bisa memacu varises.

Gangguan pembuluh darah sebenarnya bisa dicegah. Caranya dengan berolahraga dan melakukan aktifitas fisik. Seperti latihan mengangkat kaki setinggi dada, berjalan, bersepeda dan berenang. Saat di kantor dan harus duduk atau berdiri dalam waktu lama lakukan peregangan pergelangan kaki secara berkala.

Cara di atas akan memompa darah keluar dari kaki Anda. Lakukan gerakan menarik dan meregangkan pergelangan kaki sebanyak 10 kali dan ulangi setiap 10 menit.

Lalu, bagi yang memiliki risiko varises tinggi atau yang sudah terkena varises tahap awal, sebaiknya menggunakan stoking kaki yang ketat. Memakai stoking ketat dapat mencegah gumpalan darah di kaki. Hindari juga duduk dengan posisi menyilangkan kaki karena menghambat sirkulasi darah.

Menjaga berat badan, juga kunci agar Anda terhindar dari varises. Dengan berat badan yang berlebihan, beban pada kaki menjadi lebih besar dan peredaran darah kurang lancar.

Sumber : Harian JogloSemar, Selasa, 4 Mei 2010

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

8 Responses to Kaki bebas Varises

  1. Abdul Rohim mengatakan:

    untung saya dan istri belum terkena varises, walaupun umur sudah diatas 60…yang kami rasakan karena sering gerak dengan macam2 kegiatan (sibuk)…jadi kakinya masih mulus2 aja..hahaha…trima kasih..salam…

  2. setyantocahyo mengatakan:

    klau saya varises si ga mas…
    tapi sering banget kesemutan…setiap jum’atan, bgtu hbis dengerin khotbah.., begitu bangun mau sholat ….aduuhhhh….
    dua kaki ga berasa apa2..sampai2 hmpir tak sanggup berdiri, tapi gak berlangsung lama si…perlahan2 normal dg sendirinya.

    • Wahyu Budi Utomo mengatakan:

      Wah klo gitu harus sering2 digerakin kakinya. Biasanya klo dengerin khutbah kan cuman bersila saja. Untuk mengatasinya perlu merubah posisi dari bersila kemudian selonjor, kemudian bersila lagi. Pokoknya jangan ditekuk terlalu lama..

  3. romailprincipe mengatakan:

    Berat badan saya ditopang kedua kaki saya..kasihan..

  4. gustina melia mengatakan:

    saya udah terkena varises.udah makan macam-macam obat tapi belum sembuh juga.saya gak tau harus gimana lagi……..tapi saya belum coba obat suntik.habis….katanya mahal….

    • Wahyu Budi Utomo mengatakan:

      Kalau penyembuhan dengan akupunktur dimungkinkan dapat sembuh. Akupunktur dapat menstimulasi lancarnya peredaran darah di sekitar area varises. Juga dapat menguatkan jaringan ikat pada pembuluh darah di area varises itu. Faktor yang biasanya memicu varises antara lain tubuh yang terlalu tinggi, obesitas, pekerjaan yang mengharuskan berdiri lama, kehamilan, merokok, asites (adanya cairan dalam lambung). Coba saja herbal yang dapat mengurangi varises seperti bawang merah, bawang putih, jahe. Jangan makan terlalu banyak obat kimia. Nanti yang jadi sasaran malah lambung dan ginjalnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: