Ambein/Wasir/Hemoroid/Piles

Ambein/Wasir/Hemoroid/Piles

Istilah

Wasir berasal dari kata hindi yang mana sering dipakai di Indonesia, sedangkan kata hemoroid berasal dari bahasa Yunani yaitu haem : darah dan rhoos : mengalir, jadi semua perdarahan yang ada di anus disebut hemoroid. Sedangkan di Amerika dan Inggris memakai istilah piles yang berasal dari bahasa latin yang berarti bola. Istilah lain yang juga sering digunakan adalah ambeien yang berasal dari bahasa belanda. Sendangkan di Indonesia sendiri istilah yang paling sering digunakan adalah wasir yang mempunyi arti hemoroid atau piles.

Terjadinya Wasir

Wasir atau hemoroid dapat diartikan sebagai suatu benjolan yang ada disekitar anus yang didalamnya terdapat pembuluh darah balik (vena), otot dan jaringan ikat elastis. Anus sendiri merupakan suatu muara usus besar tempat keluarnya kotoran hasil dari pencernaan makanan.

Gejala Wasir

  • Perdarahan anus berupa darah segar yang bercampur dengan feces (tinja) berupa garis atau menetes saat BAB (buang air besar).
  • Terdapat benjolan di anus bila diraba dengan tangan
  • Terjadi rasa nyeri bila wasir terjepit atau terjadi infeksi disertai perlukaan daerah anus karena feces yang keras
  • Keluarnya cairan pada anus sehingga anus terasa basah dan terus gatal – gatal

Jenis Wasir

Wasir atau hemoroid dapat dibagi 2 yaitu hemoroid interna dan eksterna. Hemoroid eksterna tentu sangat mudah diketahui karena hemoroid jenis ini akan menonjol keluar. Lalu bagaimana dengan hemoroid interna? Para ahli membagi hemoroid interna menjadi 4 derajat untuk menilai tingkat keparahannya.

Grade 1, terjadi perdarahan tetapi tidak ada tonjolan rektum.

Grade 2, terjadi tonjolan rektum tetapi bisa masuk kembali dengan sendirinya.

Grade 3, terjadi tonjolan rektum tetapi bisa masuk kembali dengan bantuan tangan.

Grade 4, terjadi tonjolan rektum disertai dengan bekuan darah dan tonjolan ini menutupi muara anus.

Sedangkan untuk hemoroid eksternal, gejalanya tidak separah hemoroid internal terutama masalah nyeri dan perdarahan. Mungkin karena letaknya yang dibawah klep anus sehingga gejala yang timbul tidak mempengaruhi fungsi dari anus.

Perlu Operasi??

Tidak selalu intervensi bedah merupakan pilihan terakhir bila perubahan gaya hidup dan pengobatan tidak berhasil. Intervensi bedah hanya dilakukan dengan indikasi tertentu, sesuai derajat, keluhan dan fasilitas yang ada. Misalnya terlalu besar hingga tidak berfungsi lagi, perdarahan tidak berhenti dan telah menyebabkan anemia, nyeri yang luar biasa akibat benjolan terjepit atau thrombosis, terjadi infeksi ataupun komplikasi yang lainnya. Namun wasir sembuh dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan tanpa bedah, meskipun benjolan tetap ada.

Saran dan Anjuran

  1. Makan – makanan serat tinggi kurang lebih 30 gram/hari. Lebih banyak makan buah, sayuran, biji – bijian untuk melembutkan dan meningkatkan volume feces (tinja).
  2. Banyak minum air putih
  3. Olahraga atau aktif bergerak akan mengurangi tekanan pada pembuluh darah vena mencegah konstipasi (sulit BAB).
  4. Cegah posisi duduk dan berdiri terlalu lama
  5. Jangan mengejan
  6. Jagalah daerah anal tetap bersih untuk menghindari infeksi dan iritasi
  7. Jika timbul rasa nyeri dan bengkak, kompres air dingin sangat membantu mengatasi keluhan.

Pustaka :

Damayanti, Kartika. 2010. “Wasir, Ambien, Hameroid”. Majalah Almusanni, edisi 02 : halaman 12

http://www.blogdokter.net/2009/01/20/berkenalan-dengan-wasir-hemoroid/ diakses 11 mei 2010

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

20 Responses to Ambein/Wasir/Hemoroid/Piles

  1. Bermanfaat sekali artikelnya. Untuk Herbal bisa dibantu dengan minum herbal Daun Ungu dan Daun Dewa.

  2. Thomas mengatakan:

    Waduh jangan sampe kena dah

    btw….mau download lagu-lagu keren.??
    masuk deh ke :

    http://thomasandrianto.wordpress.com/2010/05/11/my-favorite-songs/

    salam

  3. setyantocahyo mengatakan:

    artikel bermanfaat..
    and makasih tipsnya kayaknya jadi mau nambah porsi air putih neh…
    hbis takut si…

    hehe…

    salam .

  4. triendra mengatakan:

    Salam kenal mas … isi blog penting bgt buat kesehatan .. bbrpa temen saya ada menderita penyakit … terlihat tersiksa banget klo lg kambuh … btw trmksh dah brkjung ke blog saya ya mas … minta izin link mas saya taro di blogroll saya ya …

    http://triendra.wordpress.com

  5. Rina mengatakan:

    Salam Kenal mas….
    Bermanfaat sekali infonya
    Dulu nenek saya dapat penyakit ini

  6. arbhirawanto mengatakan:

    Aku sdh sampe 1 x operasi…, msh aja muncul lg nih benjolan…..

    http://arbhirawanto.co.cc

    • Wahyu Budi Utomo mengatakan:

      Perbanyak makan sayur dan buah. Lebih bagus lagi 30 menit sebelum sarapan kita makan buah. Biar usus kita jadi lebih lancar. Selama ini mengkonsumsi buah – buahan sebagai penutup makanan adalah salah besar. Jika makan nasi, kunyahlah 30 – 50 kali. Untuk daging lebih dari 50 kali kunyahan. Biar lambung dan usus kita awet.

  7. Buku Gratis mengatakan:

    wah gan, blog emang top markotop….. isinya bermutu gan😀

  8. James kerry soejarno mengatakan:

    This blog is really usefull. I think I just had it. Mine is grade 3. I hope it will get better. Thanks for the info. This is a good site with good and relevent message and info. 2 tumbs up for you. James kerry Soejarno

    • Wahyu Budi Utomo mengatakan:

      Thanks for two tumb for me…I just share and study with I wrote. Yang pasti penulisan disini memperhatikan referensi yang menurut tinjauan kami layak untuk diterbitkan…🙂

  9. Rendi Budiono mengatakan:

    Makasih bnyak atas isi artikelnya, mudah difahami n sangat membantu masyarakat dalam mengenal ambeien tmasuk kiat2 mncegah n mengobatinya. Bagi yg brkenan, saya mnjual obat yg Insya Allah dpt mngobati ambeien (sudah tbukti) yakni Minyak Bokashi. Kemasan 12ml Rp 18rb ; 35ml Rp 35rb dan 140ml Rp 110rb (blum tmasuk ongkos kirim). Cukup minum 3X shari @ 5 tetes + 1/2 gelas air hangat. Dan bg yg sudah muncul benjolan, bisa pula utk dioleskan/diteteskan pada anus. Bg yg brminat atau pingin tahu lebih lanjut hubungi Rendi 08563079182. Trima kasih.

  10. wanita mengatakan:

    saya mengalami ada tonjolan didaerah anus saya, tetapi masih kecil. dan jika saya masukkan pakai jari saya bisa tetapi kalaw jonggkok lagi tonjolan itu ada lagi. tetapi kalaw saat duduk tidak sakit. jika saya BAB ataw sedikit keran maka keluar darah sedikit. apakah saya menderita wasir ? jika demikian bagaimana cara penyembuhannya ? mohon dibantu..Thank

    • Wahyu Budi Utomo mengatakan:

      Itu termasuk gejala wasir seperti yg tsb diatas. pencegahannya cukup menghindari makanan yg pedas2. minum madu dengan dilarutkan dalam air hangat lebih baik. Kalau berminat di akupunktur juga bisa…😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: