Menjaga Kesehatan Telinga

Menjaga Kesehatan Telinga

  1. Bila terkena pilek jangan mengeluarkan ingus atau menyedot – nyedot hidung terlalu keras karena bisa menyebabkan infeksi dari hidung menyebar ke telinga.
  2. Bersihkan telinga bagian luarnya saja, tak perlu sampai ke bagian dalam. Karena di bagian liang telinga terdapat kelenjar minyak (serumen) yang berfungsi mencegah masuknya serangga, yang kemudian membentuk kotoran atau bakteri. Di saat normal, kelenjar ini akan mengeluarkan minyak sedikit demi sedikit yang kemudian membentuk kotoran yang lembek dan akan mengering dengan sendirinya.
  3. Kenali jenis kotoran telinga. Jika jenis kotorannya lunak dan jumlahnya sedikit, kotoran itu akan menguap dengan sendirinya. Sedangkan kalau jumlahnya banyak, bisa dibersihkan dengan cotton buds di bagian daun telinga. Tapi jika kotorannya jenis kering, sebaiknya meminta dokter THT untuk membersihkannya. Sebab, kotoran ini harus disedot atau diberi obat tetes penghancur. Kalau membersihkan sendiri, kotoran malah akan terdorong masuk lebih dalam sampai ke gendang telinga, sehingga menumpuk dan membatu.
  4. Tergantung serumen (kotoran telinga). Pembersihan liang telinga tergantung banyak tidaknya produksi serumen seseorang. Makin cepat dan banyaknya serumen yang terbentuk, maka tiap bulan sekali dibersihkan. Tapi kalau kotoran telinga yang dihasilkan sangat sedikit, cukup 2 – 3 bulan sekali.
  5. Serangga kecil atau semut juga bisa mengganggu telinga. Serangga yang masuk ke dalam telinga bisa berdampak infeksi akibat gigitannya. Untuk itu perhatikan alas tidur, pastikan tidak ada serangga yang bisa masuk ke telinga.
  6. Saat berenang, keramas atau bahkan mandi, kadang air tidak sengaja masuk ke dalam telinga. Sebaiknya tidak perlu khawatir jika air yang masuk air bersih, karena akan keluar dengan sendirinya. Namun jika yang masuk air kotor, harus hati – hati karena bisa saja semakin menumpukkan kotoran dalam telinga. Untuk itu segeralah periksa ke dokter THT untuk penanganan lebih lanjut.

Sumber :

Harian JogloSemar, Jumat, 14 Mei 2010

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

6 Responses to Menjaga Kesehatan Telinga

  1. rocky panjaitan mengatakan:

    kalau artikel tentang penyakit kulit seperti gurap ada nggak pak??kebetulan saya butuh artikel itu

  2. rocky panjaitan mengatakan:

    oke ..Trimakasih pak buat infonya..kebetulan…saya dan teman saya terinfeksi kurap tak tau dari mana…tapi baru beberapa hari ini

  3. Saniman mengatakan:

    Telinga sy sering gatal, dlm 1 hari bisa sampek 6x kukurek pake cotton buds. gatalnya amat sangat terlebih lebih habis mandi. Ada gak artikelnya ya… Sy blm pernah periksa ke dokter.

    • Wahyu Budi Utomo mengatakan:

      Tanggapan dokter bagaimana atas telinga itu??Biasanya ada sesuatu yang membuat gatal telinga seperti hewan-hewan kecil yang masuk ke dalam telinga maupun kotoran yang lama mengendap. Sebaiknya terus konsultasi ke dokter yang Anda kunjungi.

  4. milfa mengatakan:

    kemaren sy membersihkan kotoran telinga anak sy yg msih 1thn.tanpa sengaja kotoranya masuk kedlm.jd sy hrus bagaimana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: