Mudah atasi Bau Mulut

Anda bisa saja berpenampilan maksimal, tetapi jika bau mulut muncul, kepercayaan diri bisa hilang. Selain menyikat gigi atau berkumur setelah makan, konsumsi makanan tertentu juga bisa membasmi bau mulut.

Penyebab utama napas tak sedap (halitosis) adalah penumpukan bakteri yang tumbuh subur di area minim oksigen seperti belakang lidah dan celah gigi. Penumpukan bakteri memicu gangguan keseimbangan asam mulut seperti air liur yang kental dan mulut kering. Dalam kondisi ini, asam amino terpecah dan menghasilkan gas sulfur yang memicu timbulnya bau tak sedap.

Dilansir dari vivanews.com, munculnya bakteri di dalam mulut biasanya bersumber dari makanan beraroma kuat, seperti bawang, kopi, rokok, sisa makanan dan karang gigi. Cukup dengan menyikat gigi atau berkumur cairan penyegar mulut, bakteri akan enyah dan napas kembali segar. Namun, ketika sikat gigi dan cairan penyegar tak bisa bekerja, cobalah konsumsi empat hal berikut :

Air putih, Air putih membantu menghapus sisa – sisa makanan dan bakteri yang tersembunyi di mulut Anda. Air juga mempercepat produksi air liur yang bertindak sebagai “agen pembersih”. Minum air putih dan berkumur adalah hal yang paling sederhana untuk menetralisasi bau mulut akibat makanan dan minuman.

Permen karet tanpa gula, Permen karet biasanya menghancurkan makanan dan sel – sel mati dalam mulut serta memperbanyak produksi air liur. Para ahli mengatakan bahwa permen karet sangat efektif melawan bau mulut karena menghambat pertumbuhan bakteri di mulut.

Buah dan Sayur kaya Vitamin C, Lemon, paprika hijau, dan brokoli mengandung banyak vitamin C. Makanan tersebut bisa menghilangkan bakteri penyebab bau dan rasa tidak enak di mulut. Lebih efektif bisa dimakan mentah karena merupakan bahan abrasif dan membantu menghilangkan kotoran.

Yogurt, Peneliti Jepang menemukan yogurt bebas gula yang dikonsumsi 3 kali sehari selama enam minggu bisa mengurangi bau mulut. Cara kerjanya dengan mengurangi tingkat senyawa sulfat.

Sumber : Harian JogloSemar, Senin 17 Mei 2010

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

10 Responses to Mudah atasi Bau Mulut

  1. mudahnyafisika mengatakan:

    bisa dicoba tuch…

  2. Abdi Jaya mengatakan:

    air putih benar-benar banyak manfaatnya🙂

  3. ekopras mengatakan:

    biasanya sih aku pakai air putih plus sikat gigi

  4. Dot mengatakan:

    WAH BLOGNYA MENARIK BANGET, GIMANA KALO TUKAR LINK? BOLEH GAK OM?.sukses terus om untuk blognya.

  5. Iphin Cow mengatakan:

    wah bukak sithik joss….!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: