Tips Menghindari Junk Food

Bagi Anda yang doyan dengan makanan junk food atau cepat saji, dan sekarang ingin mengurangi kebiasaannya itu, bacalah dengan seksama tips berikut ini :

  1. Biasakan sarapan dan makan di rumah karena lebih sehat dan bergizi. Jadi sebelum berangkat sekolah atau jalan – jalan, terutama ke mal, usahakan sarapan sehingga perut kenyang dan niat jajan pun berkurang.
  2. Kalau tidak mampu membendung keinginan untuk mengonsumsi junk food, beli saja porsi terkecil. Misalnya dalam satu paket hemat ada dua potong ayam, lebih baik dibagi dua dengan keluarga. Saat membeli es krim, minuman soda atau menu lain, pilih paket kecil atau reguler. Jangan pernah tergoda dengan bumbu tambahan karena bisa menambah kandungan kalori dalam makanan.
  3. Bagi mereka yang merasa kesulitan lepas dari junk food, sebaiknya atasi dengan minum air putih yang banyak. Meski menurut anjuran cukup delapan gelas per hari, namun lebih dari itu juga semakin baik. Sebab air putih membantu proses pembuangan semua racun – racun dalam tubuh. Termasuk zat yang terkandung dalam junk food.
  4. Jangan lupa untuk berolahraga secara teratur. Paling tidak seminggu tiga kali, setengah sampai satu jam dalam sehari. Dengan berolahraga maka kalori dalam tubuh akan terbakar.
  5. Imbangi pula junk food dengan makan sayur dan buah – buahan. Dua jenis makanan ini tinggi kadar seratnya. Sangat bagus untuk mengimbangi tubuh yang sudah kemasukan junk food.
  6. Tiap kali keluar rumah jangan malu membawa buah – buahan dalam tas. Pilih buah yang mudah dibawa seperti apel, pir, tomat, pisang, jeruk, anggur atau stroberi. Begitu rasa lapar menyerang langsung saja lahap buah – buahan itu. Jika sudah membudaya, asupan junk food berkurang dengan sendirinya.
  7. Untuk mengurangi masukan natrium (garam), kurangi asupan saus tomat maupun saus sambal.
  8. Pilihlah ayam yang tidak terlalu crispy. Sebab ayam goreng crispy digoreng dalam minyak bersuhu tinggi dan waktu lebih lama.
  9. Lakukan secara perlahan – lahan dan dengan niat yang kuat🙂

Sumber : Harian JogloSemar, Sabtu, 29 Mei 2010

Perihal Wahyu Budi Utomo
Saya adalah orang solo. Orang bilang Solo kota batik. Yah..emang tepat. Rumahq juga ada di sentra industri batik. Di Laweyan tepatnya. Rumahq juga dulu dipake bwt batik. Tp berhubung nasib g beruntung, akhirnya skg jadi rmh biasa yg dihuni keluarga.

8 Responses to Tips Menghindari Junk Food

  1. akinabagas mengatakan:

    Informasi yg bagus & bermanfaat, terima kasih

  2. setyantocahyo mengatakan:

    tips yang sangat berguna …
    thanks ya…

    salam.

  3. ardee mengatakan:

    trims utk tips….
    untung makan junk food cuma sekali2 doang….

  4. Rachmad mengatakan:

    beh,,,ngiler bos🙂🙂
    sngat bmanfaat🙂

  5. nadiaindah mengatakan:

    TIPS NYA SANGAT MEMBANTU SAYA YANG MENGKONSUMSI JUNK FOOD

  6. Buku Gratis mengatakan:

    Wah baru tau ane gan…
    thanks info nya…
    sukses selalu🙂

  7. irwansyah mengatakan:

    tips nya sangat bagus dan mencerahkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: